Kenangan disimpan dan disimpan selamanya melalui gambar. Orang yang sudah lama pergi selalu bisa dikenang melalui foto-foto ini. Karena kami sangat menghargai mereka, kami menempatkan foto-foto ini dalam bingkai dan menggunakannya sebagai dekorasi di rumah dan kantor kami dan bahkan membawanya ke mana-mana di dompet dan tas kami. Namun, ada keadaan yang dapat mengubah tampilan foto-foto ini seperti bencana alam dan bahkan kecelakaan biasa. Pada saat-saat inilah kita membutuhkan beberapa teknik restorasi foto untuk mengembalikan kenangan indah yang dibawa foto-foto ini.

Metode dan Alat

Kerusakan atau penurunan kualitas yang dapat terjadi pada foto kita dapat dikurangi melalui pemulihan foto. Anda akan membutuhkan bantuan pemulih foto yang terampil untuk ini sehingga foto Anda akan terlihat seperti saat pertama kali diambil. Karena pemulihan foto telah lama ada, Anda dapat berharap bahwa sebagian besar dari foto itu telah dan masih dilakukan di ruangan gelap spesialis foto. Alat tradisional yang digunakan oleh spesialis ini termasuk pewarna retouching, kuas artis, toner, fixer, tangki film, dan bahan kimia serta peralatan lainnya. Alat-alat ini sering digunakan untuk restorasi manual di mana pewarna, kuas, dan paparan filter dan cetakan dilakukan dengan tangan.

Namun saat ini restorasi foto dapat dilakukan secara digital dengan menggunakan perangkat seperti komputer, scanner, monitor dengan resolusi tinggi, dan software photo editor serta kertas, tinta, dan kertas untuk kualitas foto yang tinggi. Pemulihan dilakukan melalui penggunaan komputer, dan hasilnya sering kali disimpan sebagai file elektronik yang dapat disimpan dalam CD atau dicetak atau dikirim melalui email.

Alur Restorasi Digital

Ada aliran yang biasanya diikuti dalam pemulihan foto digital, yaitu sebagai berikut:

– Menempatkan film yang rusak atau foto yang memburuk di bawah pemindai
– Melakukan retouching atau restorasi foto dengan menggunakan photo editor
– Mendapatkan cetakan produk jadi menggunakan tinta, kertas dan printer kualitas terbaik
– Menyimpan foto yang dipulihkan pada media yang dapat dilepas seperti CD atau USB

Masalah Foto Biasa

Ada banyak masalah yang bisa dihadapi jika menyangkut foto yang sudah rusak atau kualitasnya sudah menurun. Ini termasuk pemudaran parah, retakan, pemudaran dan pergeseran warna, ketidakseimbangan nada dan kontras, eksposur yang tidak tepat dan kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan, air, selotip, atau usia. Saat masalah ini terjadi, ada juga berbagai kemampuan pemulihan foto yang dapat digunakan untuk melakukan koreksi dan menghidupkan kembali foto lama atau rusak. Salah satunya adalah pewarnaan, yang pada dasarnya memberi warna pada foto hitam-putih. Efek khusus juga dapat dilakukan agar Anda memiliki gambaran yang lebih baik dari yang semula Anda miliki.

Meskipun memulihkan kualitas asli foto selalu menjadi pekerjaan para ahli, sekarang Anda dapat melakukannya sendiri. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan buku bagus tentang subjek yang dapat memberi Anda tutorial tentang apa yang harus dilakukan dan jenis perangkat lunak pengedit foto terbaik. Namun, jika Anda tidak yakin tentang hal ini, maka mendapatkan spesialis yang tepat adalah cara terbaik untuk mengembalikan foto Anda yang rusak atau lama.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *