Hadir untuk meramaikan pasar kamera mirrorless yang makin populer di masyarakat, Canon merilis seri terbarunya yaitu kamera EOS R5 alias Canon R5. Seri terbaru kamera mirrorless dari Canon ini dilepas dengan segmen utama pengguna profesional.

Seperti yang dilansir dari The Verge, Canon R5 dibanderol dengan harga 3.899 dolar AS, atau sekitar Rp 56 juta untuk seru tanpa lensa. Sedangkan bagi pembeli yang ingin membeli kamera EOS R5 ini lengkap dengan lensa 24-105mm f/4, pembeli perlu merogoh kocek lebih dalam, yaitu sebesar 4.999 dolar AS atau sekitar Rp 72 jutaan.

Menilik angka fantastis yang dipasang untuk harga Canon R5, tentu bisa Anda simpulkan sendiri bahwa kamera mirrorless terbaru 2020 ini menyasar pangsa high end. Lebih tepatnya, Canon EOS R5 ini memang merupakan adik penerus dari kamera mirrorless full-frame pertama yang diproduksi oleh Canon, yaitu EOS R.

Di samping untuk memperjelas posisinya di pasar kamera mirrorless yang makin “basah”, harga fantastis yang dibanderol untuk EOS R5 ini juga diikuti dengan sederet keunggulan yang menarik dan menegaskan kualitasnya. Salah satunya adalah lensa kamera dengan resolusi yang mencapai 45 megapiksel, yang juga menempatkan Canon R5 sebagai bagian dari jajaran kamera Canon dengan resolusi tertinggi di luar seri EOS 5DS.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Canon EOS R5 juga mencakup kemampuannya untuk merekam video 8K RAW tanpa crop internal, serta frame rate yang mencapai 30fps full sensor lewat fitur film RAW yang tersedia. Kualitas yang sangat fantastis, kan?

Tapi, bagaimana dengan kemampuannya dalam menjepret? Pastinya, pabrikan asal Jepang ini juga tidak serta-merta mengabaikan spesifikasi fotografi untuk kualitas hasil jepretan yang prima. Salah satu buktinya adalah kemampuan Canon R5 untuk memotret dengan resolusi penuh sampai dengan 20fps menggunakan shutter elektronik, atau 12fps menggunakan shutter mekanik untuk kapasitasnya dalam still photography, atau fotografi gambar diam. Untuk jepretan dalam format JPEG, Canon EOS R5 mampu menjepret sampai dengan 350 gambar, atau 180 file format RAW.

Pada lensa dengan sensor 45MP-nya, Canon EOS R5 memiliki sensitivitas ISO yang berkisar dari 100-51.200. Dengan begitu, pengguna dijamin akan tetap dapat menghasilkan jepretan berkualitas tinggi meskipun dalam kondisi yang minim cahaya sekalipun, seperti saat sunset atau bahkan di malam hari.

Untuk menunjang kebutuhan para penggunanya, kamera mirrorless anyar dari Canon ini pun dilengkapi dengan 2 slot memory card, yaitu SD card dan CFexpress. Untuk CFexpress, fitur ini sangat bermanfaat dalam mendukung transfer kecepatan tinggi maupun untuk mendukung kamera ketika melakukan pemotretan beruntun hingga 20fps.

Dibandingkan pendahulunya, Canon EOS R5 mendapatkan sejumlah peningkatan yang membuat performanya makin ciamik. Salah satunya adalah peningkatan pada segi algoritma AF, yang sekarang sudah mampu mendeteksi tubuh, mata, dan wajah subjek hewan. Misalnya kucing, anjing, dan bahkan burung.

Canon R5 pun dibekali dengan in-body stabilization untuk membantu meredam blur yang disebabkan oleh getaran kamera. Berkat stabilisasi gambar 5-axis yang dimilikinya, pengguna pun tidak akan mengalami kesulitan jika harus menjepret tanpa tripod sekalipun. Canon sendiri mengklaim bahwa jika EOS R5 dipasangkan dengan lensa yang sesuai, kamera mirrorless ini pun sanggup melakukan total hingga 8 stop koreksi karena goyangan.

Fitur lain yang melengkapi Canon R5 ini juga termasuk jendela bidik elektronik beresolusi 5,76 juta titik yang dilengkapi dengan panel OLED. Monitor kamera berukuran 3,2 incinya memiliki resolusi 2.2MP serta dukungan teknologi touchscreen dan mode vari-angle.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *