Membaca adalah hal yang sangat penting terutama dalam kehidupan seorang anak karena dia belajar membaca dan kemudian membaca untuk mempelajari pelajaran yang diajarkan di sekolah. Jadi jika seorang anak menunjukkan ketidaktertarikan dalam membaca, orang tua prihatin dengan kinerja anak.

Dan memang benar, anak-anak saat ini harus menghadapi begitu banyak persaingan dalam setiap aspek kehidupan mereka sehingga jika mereka tidak memenuhi standar, orang tua akan khawatir. Salah satu perhatian utama orang tua saat ini adalah masalah membaca.

Memahami masalah membaca pada anak-anak dan memperbaikinya pada tahap awal sangat penting karena jika tidak, itu akan menyebabkan kurangnya kepercayaan diri, kinerja yang buruk di sekolah, dan ketidaktertarikan yang semakin besar dalam belajar.

Jadi apa penyebab umum kesulitan membaca pada anak-anak dan bagaimana cara orang tua memperbaikinya. Masalah membaca bisa karena berbagai alasan seperti

Penglihatan yang buruk

Ada cukup bahan bacaan di rumah. Orang tua adalah pembaca yang rakus; Ibu telah membacakan dengan lantang kepada anak dan melakukan bacaan bersama namun anak menunjukkan tanda-tanda kesulitan membaca. Maka tibalah saatnya untuk mendapatkan penglihatan anak karena penglihatan yang buruk bisa menjadi alasan mengapa anak tidak tertarik untuk membaca.

Anak tersebut mungkin melihat kata-kata yang campur aduk atau mungkin kehilangan kata-kata kecil dan untuk memperbaiki masalah ini dia mungkin akan melakukan upaya ekstra tanpa hasil. Anak seperti itu pasti menghindari membaca. Seorang dokter dapat mendiagnosis masalah dan menawarkan solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Pemahaman yang buruk

Pemahaman yang buruk berarti bahwa apa pun yang dibaca anak itu, dia tidak dapat memahami makna dari apa yang sedang dibaca. Mungkin saja betapa kerasnya anak berusaha untuk memahami apa yang dia baca; itu tidak dipahami oleh pikiran kecilnya. Dan dia tidak dapat menyuarakan masalahnya kepada siapa pun karena biasanya orang dewasa tidak akan memahami masalah ini dan hanya akan menyalahkan anak yang membuat alasan untuk menghindari membaca.

Dalam kasus seperti itu, baik seorang guru atau seorang ibu harus duduk dengan anak tersebut dan mencoba untuk membaca dengannya. Para ibu dapat mendorong anak untuk mengulangi ucapannya dan menghadiahi anak dengan pujian yang sesuai. Ini tidak hanya akan meningkatkan moral mereka, tetapi juga akan mendorong mereka untuk melakukan upaya yang lebih berdedikasi untuk mulai membaca sendiri. Para ibu juga dapat memperkenalkan penggunaan kamus di sini dan dengan menemukan arti dari kata yang sulit bersama-sama, anak memperoleh kepercayaan diri.

Kesulitan Mengeja

Mengeja adalah proses memecah kata menjadi fonem individu dan kemudian kata tersebut dikenali berdasarkan fonem ini. Seorang anak dengan kesulitan membaca tidak dapat mendengar fonem individu ini sebagai akibatnya tidak dapat memecahkan kode kata dan karenanya tidak dapat membaca kata-kata dengan benar.

Untuk mengatasi masalah ini, orang tua dan guru harus melakukan upaya ekstra dengan anak dan memecah kata-kata menjadi individu agar anak dapat memahami. Seringkali seorang anak penderita disleksia mengalami kesulitan decoding sehingga jika anak tersebut menunjukkan kesulitan decoding, disarankan untuk menangani masalah tersebut secara sensitif dan dengan sikap positif. Perlahan dan pasti, anak penderita disleksia akan menyusul. Dalam situasi apa pun, seorang anak yang menderita disleksia tidak boleh dibandingkan dengan saudara kandungnya atau dengan teman sebayanya karena hal itu hanya akan mengembangkan sikap negatif pada anak.

Retensi yang buruk

Retensi yang buruk berarti bahwa anak tersebut tidak dapat mengingat apa yang telah dia baca sehingga dia tidak dapat menghubungkan satu kalimat dengan kalimat sebelumnya. Masalah retensi yang buruk dapat diperbaiki ketika anak mulai memahami apa yang dia baca karena memahami sesuatu memainkan peran penting dalam mempertahankan sesuatu dalam pikiran.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *