source : anlene.com

Sakit atau nyeri di pinggang adalah keluhan yang sangat umum terjadi. Nyeri pinggang biasanya akan membuat penderita mengalami rasa nyeri dan sakit pada satu sisi pinggang atau keduanya. Tahukah Anda kenapa bisa nyeri di pinggang? Sebenarnya nyeri pada pinggang bisa diakibatkan oleh berbagai hal, baik cedera sendi maupun otot. Lebih jelasnya, berikut akan diulas beberapa penyebab nyeri di pinggang yang jarang diketahui, yaitu:

  1. Cedera Otot
    Apabila melakukan olahraga atau aktivitas lain dengan intensitas tinggi seperti mengangkat benda berat tentu akan membuat Anda sakit pinggang. Hal ini dikarenakan aktivitas berat cukup berpotensi untuk membuat otot tubuh tertarik secara berlebihan sehingga membuat Anda mengalami cedera otot.
    Selain itu, rasa nyeri di pinggang juga bisa diakibatkan oleh trauma dari aktivitas fisik seperti terjatuh atau kecelakaan yang Anda alami. Sehingga membuat otot menekan tulang belakang dan menyebabkan bantalan tulang di area pinggang pecah.
  2. Ginjal Bermasalah
    Menurut Keck Medicine of USC, nyeri pinggang bisa saja tidak berhubungan dengan kondisi sistem otot maupun rangka. Melainkan disebabkan oleh kedua ginjal yang terletak di sisi kanan dan kiri tulang belakang. Ungkapan ini sebenarnya tidak salah, sebab jika Anda memiliki gangguan pada ginjal, seperti batu ginjal.
    Kemungkinan besar Anda juga akan mengalami sakit yang dimulai dari punggung bagian belakang hingga pinggang. Selain itu, infeksi ginjal yang diakibatkan oleh infeksi saluran kemih yang berpindah dari area kandung kemih ke ginjal juga memungkinkan timbulnya rasa sakit pada pinggang. Oleh sebab itu, jangan tanya kenapa bisa sakit di pinggang jika Anda memiliki masalah pada ginjal.
  3. Osteoarthritis
    Osteoarthritis merupakan salah satu jenis pengapuran sendi atau arthritis yang dapat menimbulkan rasa nyeri atau sakit di pinggang. Perlu diketahui, saat Anda mengalami osteoarthritis di area tulang belakang, akan membuat tulang rawan rusak dan juga saraf di tulang belakang mengalami iritasi. Sehingga menyebabkan rasa nyeri yang tidak terhindarkan di area pinggang.
    Selain osteoarthritis, sebenarnya ada beberapa jenis peradangan sendi lainnya yang menimbulkan rasa nyeri atau sakit di pinggang seperti spondylitis hingga rheumatoid arthritis. Tidak hanya itu, degenerasi tulang belakang atau disebut pengapuran tulang juga dapat menyebabkan sakit pinggang. Untuk itu, rutinlah memeriksa kesehatan tubuh sehingga Anda lebih mudah mengetahui masalah yang dialami tubuh.
  4. Irritate Bowel Syndrome
    Irritate bowel syndrome (IBS) adalah suatu gangguan pada sistem pencernaan yang mempengaruhi kinerja usus besar. Sehingga menimbulkan kontraksi otot pada bagian usus besar yang bermasalah. Gangguan sistem pencernaan ini sebenarnya bisa dipicu oleh beberapa hal seperti kebiasaan makan, infeksi saluran pencernaan, diet serta stres.
    Untuk gejala yang di timbulkan oleh penyakit IBS ialah seperti sembelit, kembung, sakit kepala, diare, nyeri atau sakit pinggang belakang sebelah kiri dan kanan. Perlu diketahui, rasa nyeri atau sakit yang ditimbulkan penyakit ini bisa hilang timbul maupun terus menerus di salah satu sisi pinggang atau keduanya.
  5. Endometriosis
    Endometriosis merupakan kondisi abnomal pada tubuh wanita yang ditandai dengan pertumbuhan dan penebalan jaringan pada dinding luar rahim. Kondisi inilah yang juga bisa menyebabkan rasa nyeri atau sakit pada pinggang wanita.
    Perlu diketahui, jaringan dinding rahim yang tumbuh di luar rahim memang dapat mengendap di sekitar organ reproduksi lain sehingga memicu peradangan dan nyeri. Endometriosis biasanya menimbulkan beberapa gejala seperti sakit pada perut bagian bawah, sakit pinggang saat menstruasi, nyeri panggul, nyeri punggung kronis, nyeri di kemaluan hingga sakit pinggang.

Itulah beberapa penyebab nyeri di pinggang yang patut Anda ketahui. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat membantu menjawab segala pertanyaan Anda terkait kenapa bisa nyeri di pinggang.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.