Pencahayaan kurang berarti bahwa gambar tidak memiliki cukup cahaya, jadi ada terlalu banyak kegelapan yang terekam pada film atau gambar. Semakin gelap fotonya, semakin kurang pencahayaannya. Kadang-kadang Anda bahkan dapat mengecilkan cahaya pada foto dengan sengaja untuk membuat gambar menjadi lebih dramatis, jadi ingatlah juga – TIDAK SEMUA GAMBAR YANG TIDAK DITERAPKAN BURUK. Underexposure bisa terjadi dua kali selama proses fotografi: saat mengambil gambar, dan kemudian saat mengembangkannya. Biasanya, jika ini terjadi saat Anda mengambil gambar, itu terjadi pada malam hari dan pencahayaan di luar sangat buruk, oleh karena itu, kamera tidak memberikan cukup cahaya untuk menangkap gambar yang diinginkan fotografer. Jika foto Anda menjadi kurang terang saat mengembangkannya, ada cara untuk memperbaikinya juga.

Cara untuk memperbaiki kekurangan eksposur:

  • Tambahkan lebih banyak cahaya ke kanvas Anda. Salah satu cara yang lebih sederhana untuk melakukan ini sebenarnya hanya menyalakan flash Anda, untuk itulah menggunakannya. Cara lain adalah dengan menambahkan reflektor; ini akan membantu menjaga pencahayaan pada foto dengan cara yang menambah definisi lebih pada pemandangan atau gambar.
  • Menyesuaikan f / stop Anda juga bisa menjadi masalah. Mengubah ini akan memungkinkan lebih banyak eksposur cahaya ke foto, jadi mainkan saja sampai Anda menemukan f / stop yang tepat.
  • Atau ubah kecepatan rana Anda sambil menjaga f / stop tetap sama. Saya hanya merekomendasikan melakukan ini jika Anda memiliki model yang tidak bergerak dan Anda menggunakan trip pod. Mengalihkan kecepatan rana Anda dari 1/60 detik ke 1/30 benar-benar dapat membuat perbedaan yang nyata; Ini mungkin terasa seperti hanya berubah satu milidetik tetapi periode waktu itu dapat membuat perbedaan besar!

Eksposur berlebih adalah kebalikan dari kekurangan eksposur, Anda membiarkan terlalu banyak cahaya direkam oleh kamera dan itu menyebabkan foto menjadi ‘meledak’ atau ‘dicuci putih’. Jika ini terjadi, Anda kehilangan banyak warna di foto dan bisa jadi terlalu mengganggu untuk melihat apa yang coba dibuat oleh fotografer. Beberapa orang sengaja mengekspos secara berlebihan untuk memungkinkan lebih banyak detail muncul pada objek dan pengaturan gelap, tetapi biasanya pencahayaan berlebihan bukanlah hal yang baik. Sama seperti definisi overexposing adalah kebalikan dari underexposing, cara untuk mengoreksi overexposing juga sebaliknya.

  • Singkirkan cahaya dengan berpindah ke tempat teduh atau menggunakan reflektor yang lebih gelap. Reflektor yang lebih gelap akan menyerap sebagian cahaya akses, oleh karena itu, membantu foto Anda terlihat bla-bla. Jika Anda tidak dapat menemukan keteduhan, carilah kain atau sesuatu yang dapat menghalangi sinar matahari langsung.
  • Coba ubah f / stop Anda. Bermain-main dengannya dan lebih dekat ke f / 11, lihat mana yang berhasil untuk bidikan dan gunakan itu.
  • Kecepatan rana adalah pilihan lain. Naikkan kali ini, pergi ke 1/125 untuk membiarkan lebih sedikit cahaya masuk ke sensor atau bidang film Anda.

Semoga dapat menambah Ilmu Perfotografian, dan Bermanfaat !!

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *