Cara mengeringkan baju di mesin cuci jadi pilihan alternatif saat musim penghujan tiba. Di musim penghujan cucian yang tidak kering biasanya menimbulkan bau tak sedap. Nah untuk menghindarinya, Anda bisa mengeringkannya terlebih dahulu.

Cara mengeringkan baju juga harus disesuaikan dengan jenis mesin cuci yang digunakan. Sebab, masing-masing mesin cuci mempunyai jenis pengering yang berbeda. Berikut ini cara mengeringkan baju dan jenis mesin cuci yang perlu Anda ketahui.

Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci dengan Cepat Meskipun hanya menggunakan dryer, cucian bisa lebih cepat kering dengan cara mengeringkan baju di mesin cuci berikut ini.

  • Beban pengering tidak melebihi batas

Hal pertama yang harus diperhatikan saat mengeringkan cucian di mesin cuci adalah memastikan bahwa beban pengering tidak melebihi batas. Walaupun mengeringkan pakaian dalam jumlah banyak sekaligus bisa menghemat listrik, namun cara ini justru membuat cucian Anda tidak kering sempurna.

  • Sesuaikan suhu pengering dengan jenis pakaian

Cara mengeringkan baju di mesin cuci supaya cepat kering adalah dengan menyesuaikan suhu pengering dan jenis pakaian. Selain itu, siklus putaran mesin cuci juga harus disesuaikan dengan jenis bahan pakaian. Untuk pakaian berbahan tipis dan wol, gunakanlah siklus putaran rendah sekitar 600-800 rpm.

Sementara untuk pakaian berbahan sintetik, siklus putaran yang digunakan adalah sedang-rendah sekitar 800-1000 rpm. Siklus putaran sedang-tinggi sekitar 1000-1200 rpm biasanya digunakan untuk pakaian berbahan katun. Sedangkan pakaian dengan bahan tebal umumnya menggunakan siklus putaran tinggi sekitar 1200 rpm ke atas.

  • Bersihkan filter pengering

Cara mengeringkan baju di mesin cuci akan bekerja lebih maksimal jika bagian filter pengering dibersihkan secara berkala. Bersihkan serat kain atau kotoran yang menempel pada bagian luar ventilasi pengering. Setidaknya lakukan pembersihan secara rutin setiap satu minggu sekali.

Cara Mengeringkan Baju Sesuai dengan Jenis Mesin yang Digunakan

Sekarang ini mesin cuci terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari mesin cuci top load 1 tabung, mesin cuci top load 2 tabung, hingga mesin cuci front load. Supaya tidak keliru, inilah cara mengeringkan baju di mesin cuci sesuai dengan jenis mesin yang digunakan.

  1. Mesin cuci top load 1 tabung
    Mesin cuci top load dengan 1 tabung memiliki siklus pencucian dan pengeringan secara otomatis sehingga lebih praktis. Untuk mencuci dan mengeringkan pakaian, cukup masukkan baju kotor ke dalam mesin cuci, tambahkan detergen lalu pilihlah siklus yang sesuai. Secara otomatis mesin cuci akan bekerja hingga proses pengeringan selesai.
  2. Mesin cuci top load 2 tabung
    Sama-sama mempunyai bukaan di bagian atas, cara mengeringkan baju di mesin cuci top load 2 tabung berbeda dari top load 1 tabung. Sebab mesin cuci ini memiliki 2 tabung yang terdiri dari 1 tabung untuk mencuci dan 1 tabung untuk mengeringkan. Nah untuk mengeringkan pakaian, Anda harus memindahkan cucian ke tabung pengering secara manual.
  3. Mesin cuci front load
    Mesin cuci front load sebenarnya sama seperti mesin cuci 1 tabung karena terdiri dari 1 drum 2-in-1. Walaupun begitu, cara mengeringkan baju di mesin cuci front load berbeda dari mesin cuci top load 1 tabung. Hal ini dikarenakan tidak semua mesin cuci front load memiliki siklus pencucian otomatis. Nah itulah cara mengeringkan baju di mesin cuci agar cepat kering.
Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *