Orang kebanyakan bepergian untuk bersenang-senang, tetapi pernahkah Anda berpikir untuk bepergian sendiri? Menurut sebagian besar pelancong solo, bepergian sendiri membawa banyak kesenangan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Salah satu keuntungannya adalah Anda dapat menulis itinerary sendiri dan yang lainnya adalah tidak terlalu memikirkan waktu dibandingkan bepergian dengan pendamping.

Jika Anda sudah lama bepergian sekarang dan belum mencoba bepergian sendirian, mungkin ini adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda pertimbangkan di masa depan.

Kami tahu beberapa dari Anda mungkin masih merasa takut memikirkannya, tetapi sebenarnya tidak seseram yang Anda kira, terutama setelah Anda melakukannya.

Bepergian sendiri masih menyenangkan, meskipun kesenangan yang dibawanya mungkin berbeda dibandingkan dengan bepergian bersama teman. Jika Anda ingin menjadi petualang solo di lain waktu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah bersiap untuk itu.

Dengan mengatakan siap, artinya ada beberapa tips yang bisa diikuti. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari beberapa tip yang dibagikan oleh petualang solo lainnya yang akan membantu membuat seluruh perjalanan menyenangkan dan berkesan untuk Anda.

  • Bawalah semua yang Anda butuhkan

Hal pertama yang pertama – Anda perlu memastikan tidak ada yang tertinggal sebelum tanggal keberangkatan. Ini berarti mempersiapkan semua yang Anda butuhkan untuk dibawa hari-hari mendatang, dan tidak menjejalkan, jangan sampai Anda kekurangan perjalanan.

Beberapa hal penting yang perlu Anda bawa adalah dokumen-dokumen Anda, seperti paspor, KTP, dan tiket, uang tunai dan kartu kredit, ponsel, dan gadget lain yang akan Anda perlukan untuk keperluan dokumentasi, obat-obatan, dan perlengkapan mandi.

Lebih baik bersiap daripada tidak sama sekali. Ingatlah selalu bahwa Anda bepergian sendirian, oleh karena itu tidak ada orang yang dengan mudah meminta bantuan jika ada sesuatu yang mendesak selama perjalanan.

Hal yang baik tentang ini, bagaimanapun, adalah bahwa pengalaman itu sendiri akan mengajari Anda untuk bertanggung jawab dan mandiri. Bepergian sendirian bukanlah lelucon, tetapi karena tekanan dan emosi berbeda yang akan keluar, Anda tidak punya pilihan lain selain menerima tantangan. Bisa dibilang itu adalah peristiwa yang mengubah hidup, lho!

  • Pelajarilah tempat itu dan pelajari budayanya

Bagian dari proses persiapan adalah mempelajari tempat yang Anda tuju. Pelajari keberadaan hotel Anda, restoran lezat di sekitar area Anda, makanan untuk dicoba, dan tentu saja budayanya!

Ini juga membayar banyak jika Anda juga mengetahui cuaca tempat itu selama kunjungan. Dengan begini, Anda bisa tahu baju apa yang harus dibawa. Jika Anda pergi ke sana selama musim dingin, mungkin Anda bisa membawa jaket, sepatu bot, dan sarung tangan. Begitu pula jika Anda membawa pakaian yang nyaman jika datang saat musim panas.

Ketika berbicara tentang budaya suatu tempat, penting untuk mengetahuinya sepenuhnya dan menyesuaikannya begitu Anda sampai di sana. Setiap tempat memiliki budaya yang berbeda, jadi harap berharap bahwa tidak semuanya akan senyaman dulu. Namun, mempelajari budaya yang berbeda sebenarnya sangat menyenangkan.

Apalagi jika Anda adalah seseorang yang sudah lama bepergian, Anda tahu bahwa budaya suatu tempat menambah kenikmatan keseluruhan perjalanan. Tidak akan semenarik yang Anda kira jika bukan karena budayanya yang unik dan menarik, bukan?

Misalnya, banyak orang pergi ke Jepang hanya karena mereka suka membenamkan budayanya. Turis pergi ke sana untuk menyantap masakan Jepang, mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang menggambarkan budaya Jepang, bahkan mengenakan kimono untuk melengkapi kenikmatan perjalanan mereka.

Jadi, untuk membuatnya lebih menyenangkan saat Anda bepergian sendirian, cobalah untuk mempelajari budaya tempat itu terlebih dahulu dan begitu Anda sudah berada di sana, benamkan diri Anda di dalamnya – seolah-olah Anda adalah bagian darinya – dan bergembiralah.

  • Bersikaplah ramah

Anda bepergian sendiri, jadi terkadang akan terasa sepi. Namun, itu tidak harus selalu menjadi masalah jika Anda keluar dari rasa malu sendiri dan ramah kepada siapa pun yang Anda temui di jalan.

Berdasarkan pengalaman orang lain, bertemu orang baru selama perjalanan akan menambah kesenangan dan kenikmatan bepergian sendiri. Bayangkan belajar bahasa yang berbeda, meniru tingkah laku mereka, pergi ke tempat-tempat indah yang belum pernah didengar atau diiklankan, dan makan makanan eksotis bersama mereka – itu akan sangat menyenangkan!

Dengan bersikap ramah, Anda tidak akan terlihat seperti bepergian sendiri karena teman baru yang akan Anda temui selama perjalanan.

Jika Anda belum yakin, itu bagus! Namun, cobalah membaca beberapa blog dari petualang tunggal dan gali lebih dalam pengalaman perjalanan mereka untuk mengetahui lebih baik. Kesimpulannya, bepergian sendirian tidak buruk sama sekali. Nyatanya, itu akan memberi Anda banyak pelajaran pada akhirnya.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *