Google Photos adalah salah satu layanan tersebut di antara layanan lain seperti Dropbox, OneDrive, dan Flickr yang secara otomatis mencadangkan foto Anda. Semua layanan ini berguna dalam menyediakan akses cepat ke foto Anda di perangkat apa pun. Namun demikian, hanya Google Photos yang akan menawarkan pencadangan foto Anda tanpa batas. Ini karena tidak seperti layanan lainnya, Google Foto memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh layanan lainnya. Misalnya, kemampuan untuk menghapus gambar duplikat secara otomatis, menyimpan foto Anda pada resolusi tinggi secara gratis, dan ikon penandaan bawaan. Meskipun Google Photos belum ada untuk waktu yang lama, ini adalah salah satu layanan dengan pertumbuhan tercepat dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif saat ini.

Sebanyak Google Foto menawarkan layanan pencadangan terbaik, setiap pengguna harus fasih dengan semua fiturnya untuk layanan yang efektif. Berikut adalah 15 trik praktis untuk menguasai Google Photos:

  1. Matikan data seluler
    Ini penting bagi pengguna smartphone yang tidak memiliki data unlimited. Banyak pengguna menggunakan Google Foto untuk tidak hanya mencadangkan foto yang ada di kamera mereka, tetapi juga secara otomatis mencadangkan gambar yang diambil di ponsel cerdas mereka. Untuk alasan ini, sangat penting untuk mematikan pencadangan melalui data seluler dan juga mengizinkan aplikasi Google Foto untuk mencadangkan hanya saat Anda mengisi daya ponsel untuk melindungi masa pakai baterai Anda.
  2. Unggah foto lama
    Agar Anda dapat menghemat lebih banyak penyimpanan, penting untuk mengunggah foto lama Anda ke Perpustakaan Google Photos. Ini adalah proses sederhana yang hanya melibatkan menyeret dan menjatuhkan foto dari penyimpanan eksternal Anda. Di perpustakaan, foto akan muncul berdasarkan tanggal pengambilannya, sehingga memudahkan Anda untuk menemukannya saat diperlukan. Konektivitas Anda akan menentukan berapa lama proses pengunggahan akan berlangsung.
  3. Kosongkan lebih banyak ruang di ponsel Anda
    Untuk pengguna tanpa kartu SD atau ponsel dengan penyimpanan tak terbatas, penting untuk mengosongkan ruang di perangkat Anda secara rutin. Google Photos melakukan ini dengan sangat baik hanya dengan mengetuk untuk mengosongkan penyimpanan perangkat di menu pengaturan. Ini adalah proses yang aman karena meskipun foto yang dicadangkan akan dihapus, Anda selalu dapat mengaksesnya saat terhubung ke internet.
  4. Beri label pada foto Anda
    Memberi label pada orang-orang di foto Anda akan berguna di masa mendatang. Ini karena Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi mereka dengan mencari berdasarkan namanya di Google Foto. Ini membuatnya lebih mudah untuk menemukan setiap gambar orang yang Anda cari. Ini juga menghemat waktu terutama ketika Anda sedang terburu-buru.
  5. Dapatkan penyimpanan gratis tanpa batas
    Google Foto menawarkan penyimpanan tak terbatas dengan sedikit peringatan. Ini hanya menawarkan resolusi maksimum 16MP. Ini bisa menjadi rumit saat menyimpan video dan foto dengan kualitas aslinya karena mereka akan memakan semua ruang yang ada. Untuk mengatasi ini, sangat penting untuk menyimpan foto dan video Anda pada resolusi berkualitas tinggi. Ini sangat membantu Anda mengosongkan beberapa ruang.
  6. Edit dan simpan foto Anda
    Google Foto memiliki opsi untuk mengedit foto Anda ke tampilan yang diinginkan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menambahkan warna latar belakang, memotong antara lain. Anda dapat dengan mudah menghapus apa yang tidak Anda inginkan pada video atau gambar Anda. Namun, penting untuk menyimpan gambar setelah Anda mengeditnya.
  7. Hapus geolokasi
    Gambar dan video yang diambil oleh ponsel Anda saat ini memiliki banyak detail lokasi. Ini bagus untuk penyimpanan Anda karena Anda ingin mengingat semua detailnya. Namun, Google Photos menggunakan informasi tersebut untuk secara aktif memetakan di mana gambar Anda diambil. Ini tidak baik karena Anda tidak ingin orang yang melihat atau menerima foto ini tahu persis di mana foto itu diambil, terutama saat Anda membagikannya melalui email. Untuk alasan ini, yang terbaik adalah menghapus geolokasi.
  8. Cadangkan foto dari aplikasi lain
    Google Foto tidak hanya mencadangkan foto yang Anda ambil di tablet atau ponsel cerdas Anda. Ini memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mencadangkan foto Anda di aplikasi lain seperti Instagram dan Facebook. Anda dapat dengan mudah memilih perangkat mana yang akan diaktifkan cadangannya di menu pengaturan.
  9. Foto animasi
    Ini adalah trik sederhana lainnya yang membuat galeri foto Anda jauh lebih menghibur. Kemampuan untuk membuat kolase, tayangan slide, animasi, dan film dari foto Anda menjadi sangat sederhana. Yang Anda butuhkan hanyalah bekerja dengan ‘bagian asisten’ tempat Anda mendapatkan kartu saran untuk membuat berbagai animasi atau kolase. Kreasi otomatis Google ini membuat pengeditan foto menjadi menarik.
  10. Menguji opsi pencarian Anda
    Penting untuk memahami cara menggunakan ini. Ini sangat berguna ketika Anda mencari video dan gambar yang mirip dengan apa yang Anda cari. Mainkan dengan opsi pencarian tetapi hanya cari di Google Photos menggunakan nama yang umum dan tidak jelas.
  11. Bagikan dan batalkan berbagi
    Google Foto hadir dengan fitur unik yang menyederhanakan berbagi foto dan video. Ini melalui tautan yang dengan mudah membagikan satu gambar atau banyak dari mereka. Penting untuk meninjaunya secara teratur sehingga Anda menyingkirkan yang tidak lagi diperlukan. Ini mudah dilakukan melalui ikon tautan bersama di aplikasi.
  12. Lihat foto dan video Anda di Google Drive
    Ini adalah salah satu trik yang harus diketahui siapa pun yang menggunakan Google Photos. Anda dapat dengan mudah melihat foto dan video Anda melalui antarmuka foto. Fitur ini sangat berguna terutama jika Anda sudah memiliki banyak teks di Google Drive Anda.
  13. Kirim video ke YouTube
    Ini adalah trik lain yang membuat berbagi video menjadi cepat dan mudah. Google Foto memiliki opsi untuk mengimpor foto dan video langsung ke saluran YouTube Anda. Ini juga memberikan opsi untuk menambahkan judul, memberi tag, dan membagikannya.
  14. Buat cerita dari foto
    Fitur ini membuat Google Photos sangat menarik. Cerita sering seperti album dipandu yang memiliki keterangan. Ini mudah dilakukan melalui aplikasi seluler. Prosesnya melibatkan pemilihan gambar yang relevan, menambahkan keterangan dan lokasi untuk memberikan lebih banyak informasi.
  15. Ubah tampilan Anda
    Mengubah tampilan Anda sebagian besar melibatkan memperbesar dan memperkecil untuk melihat gambar Anda lebih baik. Ini terkadang dilakukan dengan menggunakan dua jari Anda. Namun, Google Photos memberikan opsi yang lebih mudah untuk melakukan hal yang sama. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan aplikasi seluler sehingga Anda bisa mendapatkan tampilan yang nyaman.

Semoga artikel ini membantu Anda yang ingin memanfaatkan Google Photos !!!

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.