Kapan saat yang tepat untuk memperkenalkan anak Anda ke dokter gigi? Saya sangat menyarankan agar Anda memperkenalkan anak Anda ke dokter gigi sebelum mereka mengalami masalah dengan gigi mereka. Anda ingin mereka memulai dengan pengalaman positif – dengan demikian, mengurangi kemungkinan fobia dokter gigi. Silakan tertawa – saya salah satu dari orang-orang yang mengembangkan rasa takut awal terhadap dokter gigi.

Pengalaman Pertama Saya

Saya masih sangat muda, dan salah satu gigi susu saya menjadi abses – bukan perasaan yang menyenangkan. Bagaimanapun, adalah tugas ayah saya untuk membawa saya ke dokter gigi. Di kantor dokter gigi, saya diberitahu untuk mengoleskan cairan hijau yang kuat ke dalam mulut saya dan memuntahkannya. Saya harus melakukannya sampai semua cairan di gelas hilang – lalu kembali ke kursi dokter gigi dan duduk.

Saya, sebagai anak yang penurut, melakukan apa yang diperintahkan. Saya berdesir dan meludah, dan setelah selesai, saya naik ke kursi dokter gigi. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, sampai tentu saja, dokter gigi tersebut menyuruh saya untuk membuka mulut dan mulai mencabut gigi saya. Rendah dan lihatlah, cairan hijau yang saya hirup di mulut saya adalah antiseptik! Nah, kejutan, kejutan – itu tidak berhasil!

Dengan ayah saya menahan saya di kursi, saya merasakan setiap rasa sakit, mendengar setiap suara gerinda – dan pengalaman itu tetap hidup dan kuat dalam ingatan saya – sebuah kenangan yang mengikutiku sepanjang masa kanak-kanak dan hingga dewasa.

Setelah pengalaman itu, kecintaan saya pada dokter gigi dan suara bor membuat saya panik. Tidak peduli bagaimana saya merasionalisasikannya, tidak peduli seberapa banyak saya mengatakan pada diri sendiri betapa bodohnya saya karena merasakan ketakutan itu – itu tidak akan hilang.

Pengalaman Saya Sebagai Orang Dewasa

Saya butuh waktu lama untuk mengatasi ketakutan saya terhadap dokter gigi. Saya akhirnya menemukan seorang dokter gigi yang dapat saya ajak bicara juga, dan berkata, “Hei, ini pengalaman yang saya alami – ini adalah ketakutan yang saya miliki – dapatkah saya mempercayai Anda untuk tidak menyakiti saya.” Nah, dokter gigi saya memahami ketakutan saya – dan dengan senang hati saya katakan bahwa saya merasa jika dia bisa menenangkan ketakutan saya, saya bisa mempercayainya dengan anak laki-laki saya.

Kapan Membawa Anak Anda Ke Dokter Gigi?

Kapan Anda membawa anak Anda ke dokter gigi? Sebelum mereka memiliki gigi berlubang atau masalah buruk lainnya. Bawa anak Anda ke dokter gigi untuk membersihkan dan memeriksakan gigi mereka – biarkan tingkat kenyamanan terbangun antara anak Anda dan dokter gigi Anda. Jadi ketika ada masalah dengan gigi mereka – mereka tahu bahwa dokter gigi tidak akan menyakiti mereka.

Itulah yang saya lakukan untuk anak-anak saya. Saya mengaturnya dengan dokter gigi saya sebelum mereka mengalami masalah. Saya tidak ingin mereka memiliki ketakutan yang sama seperti saya. Dan sepertinya itu berhasil.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *