Kacamata hitam alias sunglasses rupanya bukan hanya aksesori untuk orang dewasa. Anak-anak pun bisa mengenakan kacamata berlensa gelap tersebut. Tak sedikit orang tua yang membelikannya, terutama pada anak perempuan yang cenderung suka bergaya. Lantas, apakah ada fungsi lain dari kacamata anak perempuan lucu untuk sang buah hati selain pemanis penampilan?

Mengapa anak-anak butuh sunglasses?

Selayaknya orang dewasa, sunglasses untuk anak dilengkapi lensa hitam yang akan melindungi penglihatan mereka dari paparan langsung sinar matahari. Selain itu, sunglasses juga bisa berperan sebagai proteksi mata terhadap kotoran seperti debu.

Untuk mengetahui alasan pentingnya memberikan sunglasses pada anak, Anda dapat simak lewat penjelasan berikut ini:

  • Melindungi anak saat main di luar. Seperti yang disinggung, limpahan cahaya matahari yang mengenai anak-anak saat bermain di luar ruangan dapat membahayakan saat tak ada perlindungan. Sunglasses membantu menekan risiko agar tak mengancam kesehatannya;
  • Mencegah kerusakan pada mata. Menyambung poin sebelumnya, kacamata anak perempuan lucu dapat membantu pencegahan kerusakan mata. Apalagi WHO mengatakan, mata anak-anak punya daya serap sinar UV sekitar 70% lebih banyak dari orang dewasa;
  • Mengedukasi anak tentang bahaya sinar matahari. Kebiasaan menatap matahari tanpa proteksi masih sering dilakukan anak karena mereka belum mengetahui bahayanya. Dengan memberikan sunglasses, Anda bisa sekaligus mengedukasi sambil bermain pada anak;
  • Pendamping proteksi lain. Ketika beraktivitas di luar ruangan, anak membutuhkan proteksi lengkap. Selain mengaplikasikan tabir surya dan membekali topi, sunglasses dapat dijadikan pelindung, terutama pada mata, agar tak mengalami gangguan kesehatan.

Bagaimana cara memilihkan sunglasses untuk anak?

Menemukan kacamata anak perempuan lucu memang mudah. Anda dapat membelinya langsung di toko atau secara online. Desain dan bentuknya yang beragam pun dijamin membuat sang buah hati semakin semangat memakainya.

Meski begitu, Anda harus hati-hati memilihnya, sebab tak semua sunglasses aman untuk anak. Berikut ini tips yang dapat diikuti untuk menemukan produk yang tepat:

  1. Pilih kacamata dengan proteksi sinar UV
    Bukan hanya berwarna hitam, sunglasses yang Anda pilihkan untuk anak sebaiknya mampu menangkal sinar UV, baik UVA maupun UVB, hingga 99-100%. Keterangan tersebut umumnya terdapat pada label proteksi UV yang tertempel pada sunglasses. Kemudian, pilih kacamata yang lensanya lebar untuk membantu menutupi kulit wajah si Kecil dari paparan sinar matahari selama mereka beraktivitas.
  2. Pastikan sunglasses aman untuk bermain
    Apa anak Anda termasuk yang aktif bermain? Dalam hal ini, kacamata anak perempuan lucu yang dipilihkan sebaiknya aman juga untuk kegiatan tersebut. Cari sunglasses yang lensanya tak mudah retak atau tergores, sehingga anak tak akan cedera saat terjatuh. Kemudian, pilihlah lensa berbahan plastik alih-alih kaca dengan bingkai yang mudah ditekuk, tetapi tak gampang patah. Pastikan juga kacamatanya dekat atau pas dengan wajah si Kecil.
  3. Periksa kualitas sunglasses sebelum membeli
    Jika ini pengalaman pertama Anda membeli sunglasses, sebaiknya lakukan secara langsung di toko untuk memudahkan pemeriksaan. Tujuannya adalah untuk memastikan sunglasses dalam keadaan bebas cacat atau kerusakan. Selain itu, Anda dapat memastikan kenyamanan dengan memasangkan kacamata pada anak. Jadi kalau anak merasa kurang cocok, Anda bisa segera mencari sunglasses baru tanpa membuang banyak biaya.

Selain tiga poin ini, brand dan reputasi toko pun membantu Anda menemukan kacamata anak perempuan lucu yang sesuai. Selamat berbelanja!

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.