Membeli kondominium dalam masa pra-konstruksi mungkin tampak terlalu terburu-buru. Dalam skenario tersebut, tampaknya unit dibeli berdasarkan gambar arsitektur dari situs penjualan pengembang. Kenyataannya, bagaimanapun, adalah bahwa membeli unit sebelum konstruksi selesai tidak semudah itu.

Pengembang cenderung mengerjakan ulang desain tata letak unit saat pekerjaan berlangsung. Ini adalah suatu kebutuhan mengingat banyaknya perubahan yang terjadi selama konstruksi. Kontrak pembelian dirancang untuk menguntungkan. Misalnya, penyelesaian kompleks yang terlambat akan memaksa penundaan bagi pembeli. Mereka bahkan dapat ditempatkan pada posisi menempati unit mereka sementara izin yang tepat masih dikerjakan, serta aspek-aspek tertentu dari konstruksi itu sendiri.

Pembeli mungkin juga menjadi korban oleh pengembang yang mencoba menjual unit yang berada pada tahap awal dan masih memiliki lebih dari 51 persen proyek kondominium. Seiring berjalannya waktu, pengembang mungkin mendapati diri mereka tidak dapat menjual unit yang tersisa.

Sebuah kondominium yang tidak dapat menarik pembeli baru kemungkinan besar akan mengalami penurunan besar dalam nilai keseluruhan unitnya. Setelah menyadari tidak ada permintaan besar, pengembang akan memutuskan untuk menyewakan unit apa pun yang tidak terjual. Nilai unit keseluruhan kemudian turun lebih rendah lagi.

Disarankan agar pembeli berkonsultasi dengan pengacara berpengalaman untuk memasukkan persyaratan mereka sendiri ke dalam kontrak pembelian apa pun. Dengan menentukan tanggal penyelesaian tetap, pembeli dapat memastikan bahwa mereka akan mendapatkan kembali setoran mereka jika pengembang memberikan perkiraan waktu yang tidak akurat. Pengaturan semacam ini bahkan dapat membantu melindungi nilai yang ada dari unit yang dijual sebelumnya.

Waktu penyelesaian harus berada di tangan pembeli. Sangat disarankan agar hasil dari penjualan unit, serta akta, tetap di escrow di bawah bimbingan pengacara pengembang. Hanya sekali pengembang telah menjual sebanyak 51 persen dari unit mereka, hal ini harus dihentikan. Siapa pun yang membeli unit tersebut harus membayar biaya hunian kepada pengembang, sama dengan kombinasi biaya pemeliharaan bulanan dan hipotek yang diantisipasi selama kesepakatan mereka berjalan sesuai rencana. Banyak pengembang akan mencoba mendorong ini tanpa berpegang pada persyaratan yang telah Anda tetapkan, jadi perhatikan bagaimana proses transaksi Anda dengan mereka.

Anda juga harus mengingat biaya pemeliharaan kondominium. Hanya untuk tahun pertama operasi setelah pemilik unit mengambil alih kompleks, mereka dijamin. Pengembang cenderung menghitung anggaran awal berdasarkan ujung bawah untuk membuat kondominium menarik lebih banyak pembeli secara keseluruhan.

Seiring berlalunya waktu, mayoritas pemilik unit akan memegang kendali atas sebuah kompleks. Ini hampir seperti aturan. Setelah itu, mereka dikenakan biaya pemeliharaan bulanan yang lebih tinggi yang dimaksudkan untuk menangani biaya pengembang yang berlebihan. Dari tahun pertama, pembeli akan menerima dan mengharapkan kenaikan biaya pemeliharaan. Tentu, ini datang setelah selesainya kondominium. Semoga anda dapat mempertimbangkan hal diatas sebelum membeli properti macam kondominium.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *