Dalam pembuatan kubah masjid, material berpengaruh besar dalam menentukan kekuatan dan ketahanan. Dari sejumlah material yang digunakan untuk merancang kubah, galvalum menjadi salah satu jenis yang cukup difavoritkan untuk beberapa alasan.

Keunggulan galvalum sebagai material kubah

Galvalum merupakan material dengan komposisi seng sebanyak 45% dan aluminium 55%. Jumlah produsen yang menyediakan kubah berbahan galvalum pun cukup banyak, sehingga mudah bagi Anda untuk menemukannya.

Lantas, apa saja keunggulan yang membuat galvalum layak dijadikan sebagai material kubah masjid?

  • Tahan terhadap panas
    Kemampuan galvalum dalam menahan panas hingga maksimum 300 o C merupakan satu dari sekian alasan yang menjadikannya material favorit. Kontur penampilan pada kubah galvalum juga tak akan mengalami perubahan walau terpapar panas dalam jangka waktu tertentu. Keunggulan ini pun secara tak langsung menjaga temperatur dalam ruangan, terutama pada masjid yang menggunakan ubin atau marmer dan dibangun di area yang cukup sejuk atau dingin.
  • Mampu menetralkan cuaca panas
    Berhubungan dengan poin sebelumnya, galvalum sebagai material kubah mempunyai kelebihan dalam menetralkan cuaca panas. Cat yang digunakan untuk melapisi permukaan kubah juga tak bakal mengelupas berkat daya serap panasnya yang luar biasa. Selain itu, beberapa orang yang sedang membangun masjid merekomendasikan galvalum untuk kubah karena tak akan cepat rusak meski menghadapi pergantian cuaca yang ekstrem.
  • Tak cepat mengalami korosi
    Pembuatan kubah masjid memperhatikan juga ketahanan material terhadap risiko pengaratan atau korosi. Dalam hal ini, galvalum sudah memenuhi kriteria sebagai material kubah berkualitas, bahkan digunakan juga untuk pembuatan trimdex, sandex, serta genteng metal. Galvalum juga sudah mulai dimanfaatkan sebagai material pengganti dari talang berbahan seng karena tak cepat berkarat walau terpapar hujan atau panas dalam jangka waktu lama.
  • Punya daya rekat fleksibel
    Dalam hal ini, daya rekat adalah kemampuan galvalum dalam mempertahankan cat yang Anda pakai untuk melapisi permukaan kubah. Hal ini tentunya menguntungkan, sebab Anda tak perlu melakukan pengecatan ulang apabila cat mengelupas saat terkena suhu ekstrem dalam waktu lama. Di sisi lain, Anda pun harus memperhatikan jenis cat yang akan digunakan supaya tampilan kubah tetap bagus dan sesuai dengan karakteristik galvalum.

Membedakan kubah berbahan galvalum dan enamel

Karena sama-sama terbuat dari baja ringan, galvalum kadang dibandingkan dengan material lain yang sering dipakai untuk kubah, enamel. Untuk itu, Anda perlu mengetahui perbedaan antara kedua material tersebut supaya tak salah membeli.

Berbeda dari galvalum yang mengandalkan alumunium sebagai salah satu bahan penyusun, enamel menggunakan porselen dan coating dalam komposisinya. Namun, enamel mempunyai kelebihan yang sama dengan kubah galvalum, yakni tahan terhadap panas. Hal ini disebabkan enamel memakai sistem coating pada proses pembuatannya, sehingga mampu bertahan hingga lebih dari sepuluh tahun.

Hanya saja, enamel dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan galvalum karena daya tahan lebih tinggi. Faktor ini yang menyulitkan pihak-pihak yang mempunyai modal terbatas, tetapi memerlukan kubah dengan kualitas material yang bagus. Oleh karena itu, galvalum muncul sebagai opsi alternatif karena, walau ketahanannya tak sepanjang enamel, memberikan keunggulan- keunggulan yang belum bisa ditawarkan material lainnya.

Kemudahan kubah galvalum dalam pemasangan

Bagaimana dengan pemasangannya? Sebagian besar pembuatan kubah masjid dengan material galvalum sudah mengikuti standarisasi pabrik. Bahannya yang terbilang ringan akan memudahkan pekerja proyek memindahkan maupun membongkar kubah masjid. Faktor ini yang pun tak membebani struktur bangunan masjid, terutama untuk bangunan-bangunan kecil.

Dari segi perawatan, galvalum juga bukan material yang ‘rewel’. Sebelum warna cat memudar atau mengelupas, Anda sebaiknya segera menimpanya dengan cat baru. Hal tersebut jauh lebih mudah kalau dibandingkan mengganti kubah dengan yang baru.

Demikian penjelasan seputar galvalum sebagai material utama kubah masjid beserta sejumlah keunggulan yang dimilikinya. Dengan informasi ini, Anda diharapkan lebih mudah mempertimbangkan kubah galvalum sebagai pelengkap bangunan masjid. Selain itu, Anda juga bisa menemukan penyedia kubah dengan material tersebut sesuai bujet yang disediakan. Selamat membangun masjid dengan kubah berkualitas tinggi dan tahan lama!

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.