Perkembangan bisnis online yang kian pesat tak dipungkiri ikut memajukan peluang usaha lain. Dalam hal ini, jasa ekspedisi menjadi jenis layanan yang paling diuntungkan. Pasalnya baik pelaku usaha maupun konsumen sama-sama diuntungkan karena barang dapat dikirimkan dan diterima tepat waktu.

Selain itu, pengiriman jarak jauh pun sudah semakin terjangkau berkat kehadiran penyedia layanan antarpulau. Ketika Anda sedang mencari jasa yang sesuai, pastikan mereka telah memenuhi sejumlah kriteria sebagai berikut:

  1. Ketepatan dalam mengiring barang
    Ketepatan waktu dalam pengiriman barang adalah salah satu faktor yang menentukan keputusan konsumen saat mencari perusahaan ekspedisi. Tak melulu selalu cepat, asalkan sesuai estimasi, sebagian besar pelanggan pasti akan terus memakai jasa dari perusahaan tersebut.
    Penyedia layanan ekspedisi tentunya akan menyediakan perkiraan barang sampai di alamat tujuan, sehingga bisa pelanggan cek untuk mengantisipasi kedatangannya.
  2. Standar tarif jelas dan sesuai paket barang
    Berikutnya, tarif jadi faktor pertimbangan yang tak bisa disepelekan. Perusahaan berpengalaman tentunya sudah tahu berapa harga yang sebaiknya mereka tetapkan sesuai transportasi dan jenis paket. Dengan begitu, pelanggan tak merasa berat membayar mengingat tarifnya yang lebih mahal.
    Namun, beberapa jasa ekspedisi, salah satunya Sumber Urip Cargo, telah menawarkan harga terjangkau bagi pelanggan yang ingin mengantarkan barang dari Jakarta ke Jawa Timur, Bali, hingga Lombok.
  3. Kesesuaian layanan dengan garansi yang tepat
    Berbeda dari layanan antar kirim barang dalam kota, pengiriman antarpulau akan menggunakan dua jenis layanan, door to port dan door to door. Door to door cenderung lebih mahal karena barang akan dikirim dan diantar langsung, sementara door to port hanya mengirimkan barang sampai pelabuhan.
    Meski begitu, kedua jenis layanan tersebut sudah dilengkapi garansi sebagai jaminan bahwa barang akan sampai tepat waktu. Apabila rusak, pelanggan juga tak kesulitan mengklaimnya.
  4. Sudah mengantongi surat izin dan legalitas
    Kriteria selanjutnya yang harus dimiliki perusahaan ekspedisi adalah surat izin dan legalitas untuk menjalankan usaha. Ada kalanya beberapa perusahaan yang belum atau sudah tidak memegang izin masih nekat menerima pesanan. Hal tersebut akan membuat aktivitasnya dianggap ilegal.
    Untuk itu, perusahaan dengan izin dan legalitas jelas lebih dipercaya, sebab selain barang aman selama di perjalanan, pelanggan tak akan berurusan dengan hukum.
  5. Menyediakan fitur tracking dengan nomor resi
    Supaya tak merepotkan pelanggan, penyedia layanan ekspedisi akan menyediakan fitur tracking agar mereka dapat melacak posisi barang yang sudah dikirim. Anda pun tak bakal kesulitan mengaksesnya selama masih menyimpan nomor resi yang diberikan.
    Jasa ekspedisi yang sudah memakai teknologi canggih umumnya menghadirkan fitur tracking secara real-time yang membantu pelanggan mengantisipasi kedatangan barang.
  6. Diminati dan dipercaya banyak orang
    Meski terkesan sepele, kepercayaan dan opini pelanggan menjadi bukti perusahaan yang bergerak di bidang logistik terus beroperasi dalam waktu lama. Rekomendasi, terutama dari mulut ke mulut, kadang memberikan pengaruh yang cukup kuat, sehingga calon pelanggan memilih layanan perusahaan tadi.
    Selain itu, testimoni pelanggan menjadi faktor yang membangun reputasi perusahaan, sekaligus jadi pertimbangan calon pelanggan yang belum pernah mengirimkan barang ke luar barang.

Kriteria-kriteria di atas pun menjadi kelebihan dari Sumber Urip Cargo sebagai perusahaan ekspedisi. Jadi, Anda yang kebetulan berencana kirim barang ke Jawa Timur hingga menyeberang ke Bali dan Lombok tak perlu lagi meragukan kualitas layanan yang diberikan.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.