Penjelasan apa itu asuransi syariah berikut ini perlu Anda ketahui. Dari berbagai macam produk keuangan berbasis syariah, salah satu yang banyak diminati adalah asuransi syariah. Tanpa harus kesampingkan prinsip dalam keislaman, asuransi syariah ini merupakan salah satu wadah yang paling tepat untuk dapatkan sebuah perlindungan.

Penjelasan Tentang Asuransi Syariah
Penjelasan apa itu asuransi syariah merupakan sebuah asuransi yang berdasarkan dengan kaidah keislaman yang memiliki upaya untuk dapat melindungi dan memberikan pertolongan di antara para pemegang polis atau antara peserta asuransinya.

Manfaat Yang Akan Anda Dapat Dari Asuransi Syariah
Setelah penjelasan apa itu asuransi syariah Anda ketahui, maka Anda juga harus tahu apa saja manfaat yang akan Anda dapat dari menggunakan asuransi syariah ini. Pastinya akan ada sebuah perbedaan asuransi syariah dan konvensional, jika kita lihat dari manfaatnya.

Dikelola merujuk pada prinsip syariah
Pada setiap asuransi baik itu konvensional maupun syariah, para pemilik perusahaan asuransi akan melakukan perputaran dana supaya lebih mendapatkan keuntungan yang digunakan untuk melakukan pembiayaan risiko para peserta asuransi. Kelebihan yang dimiliki asuransi syariah ini adalah dana hanya bisa ditempatkan untuk jenis investasi yang tidak akan melanggar berbagai prinsip syariah maupun riba.

Memiliki prinsip tolong – menolong
Jika berdasarkan penjelasan apa itu asuransi syariah, asuransi syariah ini memiliki sebuah rekening bersama yang biasanya disebut dengan dana tabarru. Pada asuransi ini premi yang akan dibayarkan oleh para peserta akan masuk ke dalam dana tabbaru, nantinya akan berfungsi sebagai saling tolong menolong di antara para peserta. Dana yang sudah terkumpul tersebut bisa digunakan untuk membayar klaim para peserta yang sedang mengajukan dan mengalami risiko.

Akad yang berbeda
Pada asuransi syariah akan menggunakan akad takaful yaitu sebuah perjanjian saling tolong menolong sehingga nanti risiko yang di alami para peserta akan menjadi tanggungan bersama-sama. Jika Anda adalah salah satu peserta asuransi syariah maka ketika Anda nantinya melakukan klaim dana, maka dana yang Anda dapat tersebut merupakan hasil dari iuran peserta yang lainnya.

Tidak mengenal dana yang hangus
Berbagai asuransi syariah Indonesia tidak akan memberlakukan dana yang hangus meskipun sudah lewat dari waktu jatuh tempo pertangguhannya. Cicilan yang sudah masuk dalam rekening perusahaan dapat di lakukan penarikan kembali sebelum waktu jatuh tempo maupun klaim. Sedangkan pada asuransi konvensional ketika sudah masuk masa pertanggungan yang habis dan tidak adanya pengajuan klaim dari peserta tersebut maka dana yang disetorkan akan hangus.

Pengelolaan bersifat transparan
Segala aktifitasnya bersifat transparan baik itu dalam penggunaan kontribusinya, untuk pembagian hasil investasinya dan juga berapa total dana tabarrunya yang dapat di bagi bila terjadi surplus, Anda juga akan mendapatkan informasi perihal pengelolaan yang dilakukannya.

Para peserta memiliki hak keuntungan
Dana yang dikelola tersebut tidak akan sepenuh menjadi milik perusahaan asuransi syariah tetapi akan kembali juga pada peserta. Besaran keuntungannya nantinya akan dilakukan dengan begitu merata oleh perusahaan asuransi pada para pesertanya, sistem ini juga tidak bisa merugikan salah satu peserta dan bersifat adil.

Para peserta wajib zakat
Para peserta asuransi syariah ini diwajibkan untuk melakukan zakat. Zakat itu nanti akan menyesuaikan dengan keuntungan dana yang akan diperoleh dari pengelolaan dana yang telah dilakukan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Setelah Anda tahu lebih detail mengenai asuransi syariah, pastinya Anda dapat lebih membuat keputusan dengan bijak nantinya yang bisa menguntungkan buat Anda. Jika Anda memiliki rencana membuat asuransi syariah, kurang lebih itulah manfaat yang akan Anda dapatkan. Semoga Anda dapat memahami penjelasan apa itu asuransi syariah.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.