Meskipun artikel ini membahas tentang pendidikan anak usia dini di Kansas, banyak negara bagian lain menambahkan pendidikan usia dini ke dalam kurikulum mereka. Negara bagian dan distrik sekolah individu yang berbeda mungkin sangat bervariasi dalam sifat program, tetapi masing-masing memiliki beberapa tujuan dan fitur yang sama.

Banyak distrik sekolah di Kansas menambahkan program pra-taman untuk anak-anak yang dimulai pada usia tiga tahun. Meskipun usia tiga tahun mungkin tampak terlalu dini untuk memulai pendidikan anak, ada minat yang berkembang pada pendidikan anak usia dini. Otak seorang anak tumbuh sekitar 90% dari kapasitasnya pada usia lima tahun. Mereka diibaratkan seperti spons, menyerap semua yang mereka lihat, dengar, dan alami. Anak-anak mahir dalam belajar bahasa, dan banyak keterampilan yang mereka butuhkan di kemudian hari dibangun di atas pengalaman awal tersebut.

Penelitian formal pertama di AS tentang pendidikan anak usia dini dilakukan di Minnesota pada tahun 1960-an. Dua kelompok anak-anak secara acak dibagi menjadi kelompok Eksperimental, yang menerima pendidikan anak usia dini selama dua tahun, dan kelompok Kontrol, yang tidak menerima pendidikan anak usia dini. Kelompok Eksperimental diberikan pengalaman yang membantu anak-anak tumbuh dan berkembang, seperti hubungan yang stabil dan memelihara dengan anak-anak lain dan orang dewasa, lingkungan yang kaya bahasa, pengalaman dengan rutinitas, dan dorongan untuk mengeksplorasi melalui gerakan dan indra mereka. Mereka juga belajar untuk bergiliran, memimpin dan mengikuti permainan, mencari bantuan saat dibutuhkan, mengenali emosi, dan mengendalikan impuls mereka. Selain itu, mereka menjadi akrab dengan angka, alfabet, dan keterampilan memecahkan masalah.

Saat memasuki sekolah tradisional, anggota kelompok Eksperimental lebih berhasil di kelas awal, tetapi ditemukan bahwa pada usia 10 tahun mereka tampil hampir sama dengan teman-teman mereka. Para peneliti pada awalnya kecewa, tetapi ketika mereka mengikuti kelompok Eksperimental sampai sekolah dan menjadi dewasa, mereka menemukan banyak peningkatan. Kelompok eksperimen lebih kecil kemungkinannya untuk mengulang nilai atau membutuhkan kelas remedial, dan mereka lebih cenderung lulus dari sekolah menengah dan menghadiri perguruan tinggi. Mereka juga lebih sukses dalam karir mereka dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami masalah kesehatan atau terlibat dengan sistem peradilan pidana.

Ditemukan bahwa anak-anak di pendidikan anak usia dini akan lebih baik jika orang tua dan pengasuhnya terlibat dalam proses tersebut. Banyak sekolah melibatkan orang tua melalui kunjungan rumah dan juga mendorong pusat penitipan anak agar anak-anak mempraktikkan keterampilan yang dipelajari di pendidikan anak usia dini.

Anehnya, Federal Reserve tertarik pada penelitian tentang pendidikan anak usia dini sebagai cara untuk meningkatkan angkatan kerja dan pembangunan ekonomi. Nilai ekonomi dari program pendidikan anak usia dini ternyata jauh lebih besar daripada biayanya. Ekonom yang telah menganalisis biaya dan manfaat menemukan bahwa ada tingkat pengembalian $ 5 hingga $ 15 untuk setiap dolar yang diinvestasikan, dengan anak-anak yang kurang beruntung melihat manfaat terbesar. Sementara anak-anak dan keluarga mereka mendapatkan keuntungan dari investasi dalam pendidikan usia dini, sebagian besar manfaat diperoleh komunitas dan masyarakat secara keseluruhan. Anak-anak juga kemungkinan akan menjadi orang tua yang lebih baik dan warga negara yang lebih baik, sehingga memperluas manfaatnya ke depan.

Legislator dan pendidik Kansas menjadi lebih tertarik pada pendidikan anak usia dini karena mereka mencoba membelanjakan dana pendidikan dengan lebih efisien. Badan Legislatif Kansas 2019 meningkatkan pendanaan sekolah K-12 untuk memungkinkan inflasi, dan Mahkamah Agung Kansas memutuskan bahwa kenaikan itu memadai. Namun, Kansas seharusnya tidak puas dengan kecukupan saja.

Kansas selalu dikenal dengan sekolahnya yang sangat bagus, dan kita harus tetap seperti itu. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan meningkatkan program pendidikan usia dini. Ada hibah Federal dan swasta yang tersedia untuk mengembangkan program pembelajaran anak usia dini. Badan Legislatif Kansas juga harus mempertimbangkan menyediakan dana tambahan untuk memulai dan memelihara program-program tersebut. Ini akan menjadi cara yang efisien untuk meningkatkan hasil pendidikan dengan biaya minimal, dan ini akan menjadi investasi yang bijaksana untuk masa depan kita. Semoga bermanfaat !!!

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *