Sebagian besar dari kita tahu bahwa kita perlu memikirkan dengan hati-hati tentang desain kantor jika kita akan bekerja di rumah secara produktif. Namun yang tidak disadari banyak orang, bukan hanya furnitur di home office yang bisa mendukung atau menghalangi upaya Anda untuk bekerja keras. Faktor-faktor yang memengaruhi fisiologi Anda juga dapat berpengaruh besar.

  • Cahaya
    Misalnya, Anda harus menjaga agar ruangan cukup terang jika Anda ingin dapat melihat apa yang Anda lakukan dan merasa memiliki ruang dan udara di dalam ruangan. Ada beberapa hal yang membuat Anda merasa kurang produktif daripada berada di ruangan yang sesak.
    Di saat yang sama, ini juga berdampak pada mood kita. Ruangan yang gelap cenderung membuat kita merasa lelah, sedangkan cahaya membantu merangsang hormon kortisol dan terjaga. Oleh karena itu, salah satu investasi besar untuk kantor rumah adalah lampu siang hari, yang menciptakan cahaya dengan panjang gelombang yang serupa dengan matahari. Ini dapat memerangi SAD dan juga meningkatkan produktivitas.
  • Gangguan
    Pada saat yang sama Anda perlu menghilangkan gangguan – tetapi tidak sampai pada titik di mana ruangan begitu hambar sehingga Anda benar-benar kehilangan inspirasi. Tanaman dan warna dapat membantu Anda merasa kreatif, tetapi sesuatu seperti TV hanya meminta Anda untuk tidak bekerja. Ingatlah untuk meletakkan apa pun yang Anda beli untuk kantor pusat di akun pengeluaran Anda!
  • Pemisahan
    Perlakukan ruangan di rumah Anda ini seperti kantor sungguhan. Jangan pergi ke sana saat Anda tidak bekerja dan pastikan Anda beristirahat secara teratur untuk duduk di luar dengan secangkir teh atau sekedar makan siang.
    Melakukan hal ini akan membantu menciptakan hubungan antara pekerjaan dan ruang kantor – sehingga berjalan ke kantor akan menempatkan Anda di ruang kepala yang lebih produktif yang akan membantu Anda bekerja lebih lama dan lebih baik.
  • Suhu
    Bahkan suhu ruangan Anda berdampak pada produktivitas. Idealnya, ruang ini harus agak sejuk. Ini akan membantu Anda merasa lebih terjaga dan menghindari rasa kantuk. Tahukah Anda bahwa banyak teater mempertahankan suhu lingkungan yang sejuk agar penonton tetap terlibat dengan pertunjukan panggung?
  • Bau dan Lainnya
    Bahkan baunya berpengaruh! Minyak atsiri yang tepat dapat merangsang produksi hormon positif yang merangsang kreativitas dan produktivitas, sebaliknya bau tak sedap yang melayang dari luar dapat berdampak sangat negatif.
  • Kualitas udara juga penting.

Singkatnya, lakukan semua yang Anda bisa untuk menjadikan kantor Anda tempat yang memelihara dan melindungi naluri produktif Anda!

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *