Selama bertahun-tahun, para ibu didorong untuk menyusui bayinya. Mereka didorong untuk melakukan ini karena banyak manfaatnya bagi bayi. Namun, ada juga manfaat di dalamnya untuk para ibu. Berikut adalah tiga manfaat dari itu untuk mereka. Yakni : membantu mereka menurunkan berat badan, membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, dan membantu menjalin ikatan dengan bayi.

  • Kurangi Berat Badan

Sebagian besar, jika tidak semua wanita hamil, mengalami kenaikan berat badan selama kehamilan, dan untuk beberapa ibu, setelah melahirkan, berat badan tampaknya mudah turun dari tubuh mereka. Sementara di sisi lain, beberapa ibu justru mengalami kenaikan berat badan setelah melahirkan daripada kehilangannya. Tentu saja, makan sehat dan berolahraga selalu menjadi langkah yang disarankan untuk menurunkan berat badan. Namun demikian, menyusui membantu membakar kalori yang tidak perlu. Setiap hari, membantu membakar sekitar 500 kalori saat tubuh bekerja untuk memasok susu yang dibutuhkan pada saat bayi baru lahir siap untuk disusui.

  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis di seluruh dunia dimana tubuh tidak membuat cukup insulin atau tidak menggunakannya dengan cara yang benar. Insulin diperlukan untuk membantu mengatur gula darah atau glukosa tubuh. Jika tidak diatur dengan benar, ini dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa dan jika tidak diobati, dapat mempengaruhi ginjal, jantung dan mata, hanya untuk beberapa nama. Ibu yang menyusui secara eksklusif, setidaknya selama satu bulan, dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit ini. Ini menurut situs web National Center for Biotechnology Information.

  • Ikatan dengan bayi

Ibu terkadang khawatir tidak bisa menjalin ikatan dengan bayi mereka yang baru lahir. Lebih dari sekali, ibu yang baru pertama kali mengungkapkan ketakutan mereka dengan kata-kata ini, dan ini adalah parafrase. “Bagaimana jika saya tidak terikat dengan bayi saya?” “Bagaimana saya terikat dengan bayi saya?” dan banyak lagi. Nah, memberi bayi makanan mereka dengan cara yang intim ini adalah kesempatan bagus untuk melakukannya. Ini adalah pengalaman yang hanya bisa dinikmati oleh ibu dan anak.

Memang benar bahwa kadang-kadang, karena satu dan lain alasan, seorang wanita mungkin tidak dapat memeluk dan memberi makan anak-anak mereka dengan cara ini. Namun, memeras susu dan memastikan bayi diberi makan, masih merupakan pengalaman yang hanya bisa dilakukan oleh mereka berdua. Semoga membantu !!

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.