PDF, atau Portable Document Format, adalah format file yang kompatibel di setiap komputer. Itu dapat dibaca di semua jenis komputer, dari browser web yang berbeda, dan bahkan berbagai jenis pembaca portabel. Penggunaan ini adalah salah satu keuntungan terbesarnya. Namun, ada lebih banyak keuntungan dari itu.

PDF juga dapat mengamankan file Anda agar tidak dirusak, digandakan, atau dibuka sama sekali oleh orang lain. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir tentang orang-orang Anda mendapatkan dokumen tersebut dan mencoba untuk memodifikasinya dan mendapatkan semua pujian atas kerja keras Anda. Cukup atur pengaturan dengan cara ini, dan hanya Anda yang dapat membuka atau mengubahnya. Juga sangat kecil kemungkinannya dokumen Anda diserang oleh virus, sehingga sangat diamankan.

Menggunakan format file PDF juga sangat ringkas, karena menjaga kualitas dokumen sekaligus mengoptimalkan ruang dengan menjaga file tetap kompak. Selain itu, Anda dapat menggabungkan beberapa dokumen, apa pun jenis dokumennya, ke dalam satu dokumen sehingga dapat menjadi satu file PDF, sehingga menghemat lebih banyak ruang. Kualitas ini dapat dibawa ke cetakan dokumen, karena dipertahankan selama proses berlangsung, dan juga dipertahankan bahkan dalam berbagai jenis sistem pembacaan. Dengan cara ini, Anda bahkan tidak perlu mencetak dokumen, menyelamatkan pepohonan.

Keuntungan lainnya adalah melihat file PDF gratis. Beberapa di antaranya gratis dengan komputer, sementara yang lain, Anda hanya perlu menginstal pembaca seperti Acrobat Reader. Kemudian, Anda dapat mengunduh dan membaca file tanpa biaya sama sekali.

Cara mengonversi Word ke PDF, atau pengolah kata lainnya, sebenarnya mudah. Pertama, Anda perlu menginstal program konversi PDF, yang banyak tersedia online. Meskipun ada yang mahal, ada beberapa yang benar-benar terjangkau. Anda hanya perlu membuka dokumen yang ingin Anda ubah formatnya ke PDF, dan menyimpannya sebagai file berformat PDF. Dengan langkah-langkah sederhana seperti itu, Anda tidak perlu bertanya “Bagaimana cara mengubah Word ke PDF?”

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *