Apa Anda tahu pola pikir atau mindset berpengaruh besar terhadap kesuksesan? Selain bakat dan kemampuan, mindset rupanya membantu seseorang menentukan masa depannya. Adapun dalam hal ini growth mindset menjadi jenis pola pikir yang sebaiknya Anda kembangkan dengan baik kalau ingin sukses dalam jangka waktu panjang. Lalu, apa itu growth mindset? Seperti apa manfaat dan langkah-langkah yang sebaiknya diaplikasikan?

Pengertian dan manfaat growth mindset

Psikolog asal Universitas Stanford Dr. Carol S. Dweck mengungkapkan growth mindset merupakan salah satu kunci seseorang mencapai kesuksesan. Growth mindset pun lantas diartikan sebagai pola pikir dalam memahami kemampuan dan bakat sebagai permulaan yang dimiliki sejak kecil. Kemudian untuk berkembang, Anda harus mengimbanginya dengan dedikasi dan kerja keras.

Seseorang yang memahami apa itu growth mindset dan menerapkannya dengan tepat akan mendapatkan proses belajar bermakna yang mempengaruhi hidupnya. Adapun sejumlah manfaat yang akan Anda terima mencakup:

  • Menyadari kegagalan bukan tanda tak mampu. Dengan growth mindset, Anda akan dipermudah menerima kegagalan. Alih-alih berkubang dalam kekecewaan saat gagal, Anda lebih fokus memperbaiki dan meningkatkan proses untuk meraih keberhasilan;
  • Melihat masalah sebagai tantangan untuk diselesaikan. Selain menerima kegagalan, growth mindset akan membimbing Anda melihat masalah sebagai tantangan yang harus diselesaikan dengan solusi terbaik. Hal ini pun secara tak langsung membuat Anda optimis;
  • Meningkatkan produktivitas. Manfaat terakhir yang akan Anda dapatkan dari growth mindset adalah produktivitas yang lebih meningkat. Pasalnya, Anda tak akan terlalu lama meragu saat ingin mencoba hal baru sampai mencapai target yang dianggap mustahil.

Memakai growth mindset untuk berpikir positif

Sudah paham dengan apa itu growth mindset beserta manfaat-manfaatnya? Dari sini, Anda akan lebih mudah menggunakan pola pikir tersebut dalam berbagai kesempatan, salah satunya melatih pikiran positif, dengan langkah-langkah berikut:

  1. Ubah pola bahasa
    Cara Anda berbicara dapat mencerminkan pola pikir. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah atau memperbaiki susunan kata yang selama ini digunakan ke arah yang lebih baik dan positif. Sebagai contoh, alih-alih mengatakan, saya kurang pandai dalam hal tersebut, ganti dengan, saya akan atau coba mempelajarinya untuk mendorong keinginan agar lebih maju.
  2. Utamakan prosesnya
    Salah satu faktor yang membuat seseorang kesulitan meraih sukses adalah hanya memfokuskan hasil akhir. Sementara dalam mengaplikasikan growth mindset, Anda perlu memperhatikan atau mengutamakan proses. Langkah ini secara tak langsung membantu Anda menemukan metode yang tepat untuk memperoleh hasil akhir yang diidamkan.
  3. Damai dengan diri sendiri
    Orang-orang yang sudah mendalami apa itu growth mindset biasanya mempunyai kemampuan memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri. Dalam hal ini, mereka sadar kekurangan yang dimiliki bukanlah aib yang perlu disembunyikan, melainkan faktor pendukung yang bisa dikembangkan. Dengan begitu, Anda dapat fokus mencapai tujuan.
  4. Berbagi dengan orang lain
    Selain berbenah diri, growth mindset yang diterapkan dengan baik pun memungkinkan Anda untuk berbagi dengan orang lain. Tak perlu hanya dengan uang, Anda juga dapat membagi pengalaman saat menghadapi kesulitan. Di sisi lain, Anda perlu meluangkan waktu juga untuk mendengarkan kisah orang lain yang lebih berpengalaman di bidangnya.

Itulah penjelasan seputar apa itu growth mindset, termasuk manfaat hingga langkah-langkah yang dapat dipraktikan untuk mencapai pola pikir tersebut. Mudah-mudahan bermanfaat dan mendorong Anda menjadi pribadi lebih baik.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.