Setiap pemilik bisnis tahu pentingnya pemasaran. Mereka tahu bahwa memiliki strategi pemasaran yang kuat adalah kunci untuk mendapatkan pelanggan baru untuk bisnis mereka. Pelanggan adalah komponen kunci keberhasilan bisnis apa pun. Tanpa pelanggan, yang menyediakan keuangan yang sangat dibutuhkan untuk membantu bisnis Anda berkembang, bisnis Anda akan gagal. Jadi pertanyaan yang membara di benak pemilik usaha kecil adalah, bagaimana mereka bisa tampil di depan pelanggan yang diinginkan dan mengembangkan bisnis mereka tanpa merusak bank.

Seperti yang disebutkan sebelumnya dalam artikel ini, kunci untuk menumbuhkan bisnis adalah memiliki strategi pemasaran yang kuat. Bergantung pada ukuran bisnis Anda, Anda mungkin tidak memiliki akses ke departemen pemasaran. Sebenarnya, Anda mungkin adalah bagian pemasaran saat ini.

Tidak peduli di mana Anda berdiri, artikel ini akan menunjukkan empat cara gratis atau murah untuk mengembangkan bisnis Anda dengan menggunakan upaya pemasaran organik.

Pemasaran organik terdiri dari upaya pemasaran yang akan berhasil untuk Anda dalam jangka panjang. Bentuk pemasaran ini gratis, tetapi membutuhkan kerja keras.

1. Buat blog untuk bisnis Anda. Blogging adalah salah satu strategi pemasaran paling hemat biaya yang dapat Anda perkenalkan untuk menyampaikan pesan bisnis Anda kepada mereka yang perlu melihatnya.

Sebuah blog dapat mendidik audiens Anda tentang bisnis Anda, dan artikel dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan informasi industri Anda.

Ini adalah strategi berbiaya rendah, karena Anda ingin menambahkan blog Anda sebagai aset untuk bisnis Anda; yang berarti Anda ingin membeli domain dan hosting untuk itu.

Beberapa perusahaan membangun blog mereka di situs yang bukan milik mereka; seperti Blogger dan WordPress.com. Meskipun situs ini digunakan oleh banyak blogger pemula, ini tidak ideal untuk seseorang yang ingin memiliki kendali penuh atas apa yang dapat mereka lakukan dengan blog mereka.

Platform blog gratis sering kali disertai dengan ketentuan. Membayar nama domain Anda dan menggunakan situs yang Anda kontrol, seperti yang akan Anda buat dengan WordPress.org, adalah yang terbaik untuk merek Anda.

2. Memulai daftar email. Ini adalah metode yang sering diabaikan untuk memasarkan bisnis; meskipun hemat biaya. Ada sedikit kurva pembelajaran yang terlibat dengan penyiapan dan pengelolaan daftar email, tetapi banyak perusahaan yang menawarkan layanan ini, memiliki tutorial dan tim yang siap memandu Anda melalui seluruh proses penyiapan.

Banyak platform pemasaran email memiliki uji coba gratis.

Uji coba gratis memberi Anda kesempatan untuk mencoba platform ini untuk ukuran guna melihat platform mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda; serta kebutuhan bisnis Anda.

3. Memanfaatkan media sosial. Bergantung pada jenis bisnis yang Anda miliki, Anda harus memilih platform media sosial untuk memasarkan layanan Anda.

Jika Anda seorang stylist, Instagram akan menjadi tempat yang tepat untuk memamerkan foto-foto bagaimana Anda membuat klien Anda terlihat terbaik.

Seorang penata rambut dapat berbagi foto dan tip tentang gaya rambut terbaru yang mereka selesaikan untuk salah satu klien mereka.

Jika foto bukan milik Anda, Anda mungkin ingin memanfaatkan LinkedIn. Jika audiens Anda terdiri dari para profesional, platform ini akan memungkinkan Anda untuk membuat koneksi dengan mereka, dan membagikan konten Anda dengan cara yang membuat Anda menonjol bagi mereka yang dapat menggunakan layanan Anda.

Facebook juga merupakan platform yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Dengan kemampuan untuk membuat grup, Anda bahkan dapat membangun komunitas untuk mereka yang terlibat dengan bisnis Anda, memungkinkan mereka untuk terhubung dengan orang lain yang menyukai apa bisnis Anda.

Media sosial gratis untuk digunakan, tetapi jika Anda memiliki anggaran, Anda selalu dapat mempekerjakan seseorang untuk mengatur dan menjalankan akun media sosial Anda untuk Anda.

4. Buat eBook. Pemilik perusahaan mungkin tidak menganggap diri mereka sebagai penulis; dan pikiran untuk menulis buku yang panjang dan berlarut-larut mungkin menimbulkan rasa asam di mulut mereka.

Tetapi ada bentuk eBook yang benar-benar dapat membantu menumbuhkan daftar calon pelanggan Anda.

Pernahkah Anda melihat iklan, meminta Anda menelepon nomor untuk mendapatkan eBook gratis mereka guna mempelajari lebih lanjut tentang apa pun yang mereka bicarakan di iklan tersebut?

Buku-buku yang orang panggil untuk mendapatkannya adalah eBook, dan itu adalah bentuk magnet utama.

Magnet timbal adalah sesuatu yang berharga yang Anda berikan secara gratis dengan imbalan nama, alamat email, atau bentuk informasi kontak lainnya.

Anda kemudian dapat menggunakan informasi yang Anda kumpulkan untuk membuat daftar orang yang tertarik dengan informasi yang Anda tawarkan pada produk atau layanan tertentu.

EBook ini adalah PDF sederhana yang diunduh oleh orang yang memberikan informasinya.

eBook tidak mahal untuk dibuat, karena yang Anda butuhkan hanyalah program pengolah kata dan kemampuan untuk menyimpan file yang Anda buat sebagai PDF.

Untuk mengembangkan bisnis Anda, Anda harus kreatif. Ini mungkin berarti memanfaatkan alat yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Meskipun Anda mungkin tidak pernah terlalu memikirkan untuk menulis eBook, meluncurkan ke perairan media sosial, atau bahkan memulai blog, ini semua adalah strategi hemat biaya yang tidak menghabiskan banyak biaya, tetapi dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda secara eksponensial. cara.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *