Kepemimpinan Tim yang Efektif: Dari Mana Memulainya?

Saya ingin menjelaskan dengan jelas bahwa tidak ada formula tujuh langkah atau 12 langkah atau bahkan 100 langkah yang secara otomatis akan membuat Anda menjadi pemimpin yang brilian … tetapi bagi mereka yang bertanya-tanya bagaimana menjadi pemimpin tim yang baik, ada beberapa hal mendasar itu layak untuk diturunkan.

  1. Ketahui Gaya Kepemimpinan Tim Anda
    Langkah pertama adalah penilaian diri sendiri. Sebelum Anda memikirkan tentang kebutuhan tim Anda, pikirkan tentang kekuatan dan kelemahan yang Anda bawa ke meja. Pikirkan tentang bagaimana Anda suka menerima informasi, dan cara terbaik Anda berkomunikasi. Pikirkan apakah Anda seorang introvert atau ekstrovert. Tanyakan pada diri Anda apa yang benar-benar memotivasi Anda. Dan cobalah untuk mengumpulkan gambaran dasar tentang gaya kepemimpinan tim Anda.
    Ini seharusnya tidak hanya menjadi pekerjaan yang sibuk. Saya sangat merekomendasikan menghabiskan beberapa hari untuk merenungkan poin-poin ini, berbicara dengan orang-orang yang mengenal Anda dengan baik, dan bahkan mencoba menuliskan visi yang jelas tentang gaya kepemimpinan tim Anda.
  2. Pemimpin Tim yang Efektif Luangkan Waktu untuk Memimpin
    Sebagai seorang pemimpin tim, Anda sudah memiliki banyak tanggung jawab di piring Anda. Sangat penting bagi Anda untuk menciptakan waktu dan peluang agar Anda terlihat oleh anggota tim Anda, menawarkan dukungan Anda.
    Ini mungkin berarti bahwa Anda benar-benar mengalokasikan waktu di agenda atau Google Kalender Anda untuk berjalan-jalan, memiliki “jam kerja”, mengajak karyawan makan siang, atau melakukan hal lain yang memungkinkan Anda menginvestasikan waktu pada orang-orang yang Anda miliki. memimpin kembali. Sederhananya, tanpa investasi waktu itu, Anda tidak akan memiliki gaya kepemimpinan tim yang efektif.
  3. Kenali Orang-Orang Anda
    Saat Anda meluangkan waktu untuk terlibat dengan tim Anda, pastikan Anda berniat untuk mengenal mereka masing-masing. Secara khusus, cobalah untuk menentukan apa yang memotivasi setiap karyawan, dan di mana setiap karyawan memiliki kekuatan atau kelemahan.
    Kepemimpinan tim sering kali berarti mengumpulkan berbagai kelebihan dan kekurangan seperti potongan puzzle, memasangkan karyawan yang membuat satu sama lain lebih kuat atau yang saling melengkapi kelemahan satu sama lain. Ini juga berarti mengetahui cara memilih orang yang tepat untuk peran atau proyek tertentu. Semua ini membutuhkan pengetahuan nyata tentang tim.
  4. Pemimpin Tim yang Baik Berkomunikasi
    Satu kata itu akan menjadi sangat penting bagi Anda dalam peran Anda sebagai pemimpin tim. Memang, bagi siapa pun yang ingin tahu bagaimana menjadi pemimpin tim di tempat kerja, menurut saya tidak ada yang lebih penting daripada menjadi internasional dalam cara Anda berkomunikasi.
    Tetapkan ekspektasi. Perjelas misi dan tujuan tim Anda. Beri tahu karyawan bagaimana mereka dapat terhubung dengan Anda, dan kapan. Selalu lebih baik untuk berkomunikasi berlebihan daripada kurang berkomunikasi.
  5. Pemimpin Memberikan Teladan
    Bahkan pada saat-saat ketika Anda tidak aktif berkomunikasi, Anda sedang diawasi. Suka atau tidak, anggota tim Anda melihat Anda sebagai contoh, dan mereka akan cepat meniru perilaku Anda.
    Apakah Anda ingin memiliki budaya perusahaan yang ditandai dengan keseimbangan? Agar karyawan Anda keluar jam enam setiap sore agar mereka bisa pulang dan berkumpul bersama keluarga? Maka Anda perlu memastikan Anda tidak berada di kantor sepanjang malam. Tunjukkan pada mereka jenis budaya dan jenis nilai yang Anda ingin mereka tegakkan.
  6. Delegasi Pemimpin Tim yang Efektif
    Hal lain yang perlu dilakukan semua pemimpin adalah mendelegasikan. Jangan berasumsi bahwa Anda bisa melakukan semuanya sendiri. Percayai orang-orang di sekitar Anda untuk maju dan melakukan pekerjaan hebat, membebaskan sebagian waktu Anda untuk memimpin!
    Jika Anda tidak memercayai anggota tim Anda untuk melakukan pekerjaan dengan baik, atau jika Anda ingin mendelegasikan kepada mereka, itu masalah. Secara khusus, ini masalah perekrutan. Sederhananya, jika Anda tidak dapat mempercayai orang-orang yang telah Anda daftarkan, maka sulit untuk membenarkan mengapa mereka ada di tim Anda. Belajar untuk berbagi tanggung jawab Anda dengan orang lain, tetapi juga pastikan Anda terus-menerus mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang baik dan kuat!
  7. Pemimpin Tim yang Efektif Membuat Keputusan
    Untuk menjadi pemimpin tim yang efektif, Anda pada akhirnya harus membuat beberapa keputusan. Itu tidak berarti Anda harus terburu nafsu. Sebaliknya, selalu penting untuk meninjau data yang tersedia, berpikir kritis, dan membuat keputusan yang bijak.
    Apa yang tidak dapat Anda lakukan adalah bersedih atas setiap keputusan terakhir yang perlu dibuat, sampai pada titik di mana Anda hanya membuang-buang waktu. Cepat atau lambat, Anda harus merobek Band Aid dan bergerak maju dengan keputusan Anda dan semua konsekuensinya. Terkadang Anda akan melakukannya dengan benar, dan saat melakukannya, Anda harus merayakannya. Dan terkadang Anda salah. Ketika Anda melakukannya, pastikan untuk mempelajarinya.

Dalam bisnis, Pemimpin mengambil keputusan yang bijaksana tentu ada tim yang baik dan kuat.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *