Saya ditanyai setiap minggu tentang perangkat lunak pengeditan terbaik. Ada beberapa opsi yang patut dipertimbangkan dan apa yang Anda pilih akan bergantung pada kebutuhan spesifik Anda. Tiga teratas yang saya rekomendasikan mencakup semua basis, dari pemula hingga ahli, dan Mac hingga PC.

Perangkat lunak pertama dan paling banyak digunakan adalah Adobe Premiere Pro. Ini adalah standar emas perangkat lunak pengeditan kelas profesional yang ramah pengguna. Ini berfungsi pada Mac dan PC dan langganan Anda akan memungkinkan Anda mengakses keduanya. Ia memiliki semua fungsi yang pernah saya butuhkan dan bagian terbaiknya adalah ia terus berkembang. Panel penilaian Lumetri Color yang relatif baru adalah fitur yang sangat berguna yang membantu membuat alur kerja yang cepat dan efisien. Mampu melakukan segala sesuatu ‘di rumah’ itu bagus. Ini sedikit mahal sekitar $ 19,99 per bulan tetapi jika Anda serius ingin membuat video maka itu layak dipertimbangkan.

Final Cut Pro X oleh Apple juga menjadi pesaing, meskipun popularitas selama beberapa tahun terakhir telah turun secara signifikan. FCP memperoleh reputasi karena menyukai produksi amatir seperti video skate dan selancar dan sebagai hasilnya banyak profesional pergi mencari di tempat lain (termasuk saya). Perangkat lunak ini juga hanya berfungsi di Mac jadi ini mungkin bukan pilihan bagi mereka yang lebih suka dan memiliki PC. Jika Anda penggemar antarmuka Mac, maka perangkat lunak ini memiliki semua kemudahan penggunaan yang Anda harapkan. Ini menangani rekaman video 4K lebih baik daripada perangkat lunak lain pada mesin yang sebanding karena cara merender dan mengelola file latar belakang. Keseluruhan Final Cut mudah untuk dipahami tetapi dengan $ 299,99 saya merekomendasikan pemula untuk menguji air dengan Premiere Pro terlebih dahulu. Pada akhirnya, kedua perangkat lunak itu bagus untuk mempelajari dasar-dasar pengeditan, tetapi Tayang Perdana akan lebih bermanfaat saat Anda mulai menuntut fitur-fitur canggih.

Bagi mereka yang tidak ingin mengeluarkan uang sama sekali, iMovie adalah pilihan yang baik. Seperti yang Anda harapkan dengan perangkat lunak gratis, ini ditargetkan untuk pemula dan tidak memiliki fungsionalitas sebanyak yang lain. Anda bisa mendapatkan fungsi pengeditan dasar dengan sedikit atau tanpa pengalaman sebelumnya, tetapi pada akhirnya Anda tidak akan memiliki banyak fleksibilitas dan beberapa opsi saham terlihat amatir (judul dan transisi, dll). Jika Anda mencari sesuatu yang dapat diakses dan mudah digunakan, ini mungkin untuk Anda.

Bonus: Jika Anda ingin bersenang-senang mengedit di ponsel Anda, lihat Premiere Clip. Anda tidak akan berharap dapat mengedit di ponsel tetapi yang ini mungkin mengejutkan Anda. Gabungkan dengan aplikasi seperti Filmic Pro untuk kontrol kamera seluler tingkat lanjut dan Anda akan memiliki pengaturan ‘mini’ yang hebat. Bahkan ada film fitur pemenang penghargaan seperti ‘Unsane’ yang direkam seluruhnya di iPhone! Semoga bermanfaat.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.