Apa perbedaan antara pemegang buku dan akuntan? Seorang pemegang buku menangani pencatatan dan pelaporan keuangan hari demi hari. Seorang akuntan mengkhususkan diri dalam persiapan dan pengajuan pajak. Memiliki pemegang buku yang baik sama pentingnya dengan bisnis yang berkembang seperti memiliki akuntan yang baik.

Perbedaan besar lainnya antara akuntan dan pemegang buku biasanya adalah, “Sekitar 2 Juta per jam.” Untuk alasan ini, sangat penting bagi Anda untuk mengalokasikan sumber daya Anda secara efisien. Anda tidak ingin membayar akuntan Anda untuk melakukan fungsi pembukuan. Ini tidak masuk akal secara bisnis.

  • Bisnis Cerdas mengalokasikan sumber daya mereka berdasarkan kebutuhan mereka

Fakta: Akuntan tidak punya waktu untuk menangani pencatatan dan pelaporan keuangan hari demi hari. Apa yang mereka lakukan? Mereka menyewa Pembukuan.

Pembukuan menjalankan fungsi kritis untuk perusahaan dan organisasi yang mereka layani. Ditantang secara teratur untuk menjaga catatan yang tepat dan akurat, pemegang buku membuat laporan penting yang membuat manajemen selalu mutakhir tentang kondisi keuangan perusahaan mereka.

Pembukuan bertanggung jawab untuk memelihara “buku cek bisnis”, seperti buku cek pribadi. Mereka mencatat transaksi uang rutin seperti pembayaran pelanggan ke dalam “jurnal penerimaan kas” dan cek ke vendor ke dalam “jurnal pengeluaran kas”. Mereka juga memproses penggajian. Pada akhir bulan mereka mentransfer atau “memposting” jumlah “jurnal” ke “buku besar” dalam persiapan laporan keuangan yang disiapkan oleh akuntan. Mereka menyiapkan laporan keuangan triwulanan dan akhir tahun bulanan.

Akuntan bertanggung jawab atas desain dan manajemen sistem keuangan yang digunakan oleh pemegang buku. Mereka menyiapkan pengembalian pajak di akhir tahun. Akuntan juga dapat menyiapkan anggaran untuk manajemen dan proposal pinjaman untuk para bankir; mereka mungkin melakukan analisis biaya untuk produk atau layanan perusahaan.

Menyewa jasa pembukuan seringkali bisa menjadi solusi yang baik bagi pemilik usaha kecil. Pelayanan yang baik akan berkomunikasi dengan baik dengan akuntan Anda sehingga ketika waktu pajak bergulir, akuntan perlu meluangkan waktu sesedikit mungkin untuk pengembalian pajak Anda dengan menjaga biaya akuntan Anda seminimal mungkin. Pastikan Anda memahami laporan yang Anda dapatkan kembali dari layanan Anda. Anda ingin memanfaatkan informasi sebaik-baiknya untuk membuat keputusan produktif untuk bisnis Anda.

Baik pemegang buku dan akuntan penting untuk bisnis Anda. Mengetahui perbedaan di antara mereka tidak hanya dapat memastikan Anda menerima informasi terbaik yang menjadi dasar keputusan keuangan Anda, tetapi juga dapat menghemat biaya ratusan juta per tahun. Semoga membantu !!

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.