Semuanya penting dalam hal menata atau mendekorasi ruangan kecil. Jika tidak, akan terasa pengap, terbatas, dan tidak nyaman. Tapi ini semua tentang teknik – mengetahui warna apa yang akan digunakan, di mana menempatkan furnitur Anda, dan elemen apa yang harus ditempatkan untuk memberi ilusi bahwa Anda memiliki ruang yang jauh lebih besar.

Saat Anda tahu cara melakukannya dengan benar, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan ruang kecil di rumah Anda!

Berikut adalah beberapa cara mengagumkan untuk membuat ruangan kecil terlihat lebih besar:

  1. Gunakan warna yang tepat
    Sebuah ruangan kecil terlihat paling baik dilukis dengan warna-warna terang, yang akan membuka ruang dan mencerahkannya, berlawanan dengan warna-warna gelap yang menyerap cahaya dan memberikan ilusi ruang yang lebih kecil. Dinding berwarna terang juga akan membuat ruangan terasa lapang karena memantulkan cahaya dan memaksimalkan efek cahaya alami.
    Untuk melangkah lebih jauh, cobalah mengecat cetakan dinding Anda atau pangkas warna yang lebih terang dari cat dinding Anda – dengan cara ini, dinding akan tampak seperti lebih jauh ke belakang, membuat area tersebut terlihat lebih besar.
  2. Rapikan dan Atur
    Tidak ada yang bisa membuat ruangan terasa lebih kecil dari kekacauan. Terlalu banyak barang dapat dengan mudah membuat suatu area terasa sempit. Donasikan atau buang semua yang Anda tidak perlu mengosongkan ruangan. Anda akan terkejut betapa ringannya sebuah ruangan setelah dirapikan.
  3. Pertimbangkan pencahayaan ruangan
    Jika kamar Anda memiliki jendela, bukalah untuk membiarkan cahaya alami masuk, karena ini membuka suatu area dan membuatnya tampak lebih besar. Jika Anda tidak memiliki akses ke cahaya alami, Anda dapat memilih untuk memasang perlengkapan pencahayaan untuk mencerahkan ruangan.
  4. Gunakan sesuatu sebagai titik fokus
    Buat titik fokus yang akan menarik perhatian mata begitu seseorang memasuki ruangan, memberikan ilusi bahwa ruangan itu lebih besar. Ini bisa berupa furnitur (meja untuk dapur, tempat tidur untuk kamar tidur, dll.) Atau salah satu sudut ruangan yang menarik fokus.
  5. Cerdaslah dengan furniture Anda
    Bila ruangan Anda kecil, Anda tahu untuk menghindari meletakkan furnitur besar atau terlalu banyak dekorasi. Sebaliknya, pilih furnitur multi-fungsi yang dirancang untuk ruang kecil. Contohnya adalah tempat tidur sofa, tempat tidur dengan laci tarik, meja yang dapat diperbesar atau peti penyimpanan yang digunakan sebagai meja kopi.

Ikuti cara-cara luar biasa ini untuk langsung membuat ruangan terlihat lebih besar! Semoga bermanfaat.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *