Anda menginjak pedal rem dengan keras tetapi roda tidak mengunci dan Anda masih dapat mengarahkan mobil secara akurat dan aman dari situasi yang berpotensi berbahaya di depan. Saat ini, Anda mungkin tidak menyadari bahwa bukan hanya keterampilan pengemudi yang membantu Anda menghindari kecelakaan dan kemungkinan cedera, bukan hanya keterampilan pengemudi yang pintar. Ucapan terima kasih harus diberikan kepada Anti-lock Braking System (ABS) Anda. Sebelum ABS diperkenalkan sebagai bagian dari spesifikasi standar mobil, hasilnya bisa sangat berbeda.

Industri ini agak terkejut ketika Daimler-Benz mempresentasikan Anti-lock Brake System pada 12 Desember 1970. Gagasan untuk tetap dapat mengarahkan dengan pengereman penuh bukanlah hal baru, tetapi hingga hari Desember itu tidak ada sistem lain yang memiliki terbukti efektif. Upaya untuk membuat terobosan, kembali ke sejarah otomotif. Pada awal 1928, Karl Wessel dari Jerman diberikan hak paten untuk regulator kekuatan rem untuk mobil, tetapi penemuannya tidak pernah berhasil. Semut, sistem yang dikembangkan pada 1960-an untuk pesawat dan kereta api tidak dapat diubah untuk digunakan dalam gerbong penumpang; perangkat anti-kunci mekanis tidak dapat menangani sudut atau gundukan.

Tetapi para insinyur bertahan dan Mercedes-Benz terus mendapatkan pujian sebagai perusahaan yang memelopori pengenalan ABS. Sistem generasi pertama, tersedia pada 1978 S-Class, merupakan lompatan maju dari perkembangan sebelumnya. Ini menjamin tingkat keandalan yang tinggi, dan mengurangi jumlah komponen dari sekitar 1.000 menjadi sekitar 140. Hal ini dimungkinkan oleh kemajuan dalam elektronik, dengan teknologi baru yang memungkinkan pengembangan komputer kecil namun kuat.

‘Lebih kecil, lebih ringan, lebih kuat’ adalah motto para insinyur di tahun-tahun berikutnya. Pengereman anti-lock menjadi fitur standar konstruksi otomotif di seluruh dunia dan sistem keselamatan lain saat ini seperti Electronic Stability Program (ESP) dan Brake Assist muncul, berdasarkan teknologi sensor ABS.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *