Ketika membeli mobil baru, apakah Anda terpikir ingin mengasuransikannya?

Asuransi mobil memang kadang menjadi dilema tersendiri. Karena terkadang preminya cukup tinggi. Jadi bagi beberapa orang, seringkali terpikir, “untuk DP mobil saja sudah tinggi, apalagi ditambah asuransi?”

Salah kaprah seperti ini sebaiknya segera diluruskan dengan, “karena DP mobilnya saja sudah tinggi, makanya harus ditambah asuransi”. Betul, kan? Nah, supaya tidak salah memilih asuransi, berikut tips yang dapat membantu Anda.

Ketahui kebutuhan Anda

Ketahui kondisi kendaraan mulai dari bodi, mesin, usia mobil, dan lainnya. Hal ini dapat menjadi acuan ketika Anda mulai memilih asuransi yang tepat. Terdapat dua jenis asuransi yaitu Asuransi All Risk dan Asuransi Total Loss Only (TLO). Untuk Asuransi All Risk, pihak asuransi akan menjamin nyaris semua risiko yang terjadi pada mobil, mulai dari kecelakaan kecil hingga besar. Sedangkan untuk Asuransi Total Loss Only, pihak asuransi hanya akan menjamin kerusakan mobil di atas 75% saja sehingga kerusakan kecil tidak akan ditanggung.

Lihat keuntungan masing-masing asuransi

Tiap asuransi kendaraan pasti menawarkan keuntungan yang berbeda tergantung dari fitur dan jenis layanan yang dibutuhkan. Maka sebaiknya Anda ketahui dulu ragam keuntungan serta perlindungan yang diberikan oleh asuransi, jadi nantinya tidak akan mengalami kerugian.

Bandingkan dengan produk lain

Di dalam beberapa asuransi pasti terdapat produk sejenis yang ditawarkan. Sebaiknya, pelajari semua dan bandingkan mana yang paling menguntungkan bagi Anda. Mulai dari keuntungan hingga besaran premi yang harus dibayar.

Pilih besaran premi sesuai kemampuan

Semakin besar premi yang Anda keluarkan tiap bulan, semakin banyak pula manfaat dan perlindungan yang akan Anda dapatkan. Walaupun begitu, jangan paksakan diri untuk mengambil premi yang besar, tetapi sebenarnya Anda ngos-ngosan tiap bulannya. Sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan.

Pilih produk yang terbaik

Tiap pemilik kendaraan pasti memiliki kebutuhan produk asuransi yang berbeda. Bisa saja Anda membutuhkan asuransi Total Loss Only sementara saudara Anda menggunakan Asuransi All Risk. Jadi sebelum menetapkan produk yang dipilih, pastikan Anda memahami betul bagaimana cara kerjanya.

Cek bengkel rekanan

Sama seperti asuransi kesehatan, kita seringkali melihat daftar rumah sakitnya terlebih dahulu baru menyetujui produk asuransi. Begitupun dengan asuransi kendaraan. Anda bisa melihat terlebih dahulu apa saja bengkel rekanan asuransi tersebut. Apakah bengkel tersebut terpercaya dan bisa menangani perbaikan dengan cepat atau tidak?

Cek prosedur klaimnya

Hal ini cukup penting karena menyangkut dengan kondisi mobil Anda jika terjadi apa-apa dan memerlukan klaim asuransi. Jangan pilih perusahaan yang proses klaimnya lama dan panjang karena hanya akan membuang waktu dan kerugian lainnya akan muncul.

Jika Anda tertarik untuk membeli mobil yang punya asuransi terbaik, jangan lupa untuk memilih perusahaan pembiayaan yang terpercaya dan kredibel dalam urusan kredit kendaraan. Salah satu platform pembiayaan yang direkomendasikan adalah SEVA. Platform pembiayaan dari Astra ini dapat membantu Anda untuk membeli mobil dengan cara mudah dan nyaman secara finansial. Tak hanya itu, Anda pun bisa membeli mobil secara online melalui website SEVA. Cukup ikuti saja langkah-langkahnya, Anda bisa mendapatkan mobil yang diinginkan.

Kemudahan membeli mobil juga didukung dengan fitur Instant Approval yang dapat membantu Anda untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansial sebelum memberikan pilihan mobil baru yang sesuai kemampuan. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan finansial yang lebih untuk Anda di masa depan hingga mobil yang dibeli dapat dimiliki sepenuhnya.

Yuk, beli mobil dengan mudah hanya di SEVA

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.