Menurut banyak survei, anak-anak cenderung menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton TV dan menggunakan smartphone. Sebagai orang tua, Anda mungkin khawatir tentang hubungan antara anak-anak dan dampaknya terhadap kesejahteraan mereka. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk memainkan game favorit mereka dan menjelajahi web. Waktu ini sebaiknya dihabiskan untuk kegiatan luar ruangan lainnya. Meskipun Anda tidak ingin memisahkan perangkat digital dari anak-anak Anda, Anda harus mengawasinya. Pada artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda beberapa tip yang akan membantu anak-anak Anda memiliki kebiasaan digital yang sehat.

  1. Mendorong Kreativitas
    Saat online, anak-anak harus mempelajari sesuatu yang baru dan kreatif. Misalnya, Anda mungkin ingin mendorong mereka untuk membuat sesuatu, membuat video, menulis artikel, mengedit foto, atau membuat video game sederhana. Dengan kata lain, mereka harus kreatif, bukan konsumen dari berbagai jenis konten digital.
  2. Diskusikan siapa yang mereka Ikuti
    Di internet, ada banyak sekali bintang olahraga, ikon musik, dan perusahaan. Lebih baik anak Anda mengikuti perusahaan dan orang yang dapat mereka manfaatkan. Misalnya, jika anak-anak Anda menyukai luar angkasa, Anda mungkin ingin mendorong mereka untuk mengikuti halaman resmi NASA dan organisasi luar angkasa lainnya.
    Demikian pula, jika mereka menyukai fotografi, mereka harus membagikan pekerjaan mereka secara online. Dengan kata lain, mereka harus mengikuti kepribadian yang dapat menginspirasi mereka. Bagaimanapun, mereka tidak boleh menghabiskan waktu dan energi mereka untuk sesuatu yang tidak dapat membuat mereka lebih baik.
  3. Bersihkan Kekacauan Secara Teratur
    Banyak anak menginstal banyak aplikasi di perangkat mereka yang tidak bermanfaat bagi mereka. Anda mungkin ingin mendorong mereka untuk menyingkirkan aplikasi yang tidak dapat mereka gunakan lagi. Atau, Anda dapat menemukan beberapa game yang lebih baik dan meminta mereka untuk menggunakannya.
  4. Tunjukkan Praktik yang Baik
    Anak-anak memiliki kecenderungan untuk belajar dari apa yang mereka saksikan dan alami. Apa yang diberitahukan kepada mereka tidak penting bagi mereka. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin mengambil langkah-langkah berikut jika Anda ingin anak-anak Anda menerapkan praktik yang baik.
    – Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton TV di depan anak-anak Anda
    – Jangan gunakan ponsel cerdas Anda saat Anda berbicara dengan seseorang
    – Ikuti orang dan perusahaan yang dapat bermanfaat bagi Anda

Jika Anda mengikuti praktik terbaik ini, anak-anak Anda kemungkinan besar akan mengikuti jejak Anda. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin meluangkan waktu dan membuat perubahan positif pada kebiasaan Anda sendiri.

Singkatnya, jika Anda mempersiapkan anak Anda untuk mengadopsi kebiasaan digital yang sehat ini, mereka akan berubah menjadi lebih baik. Ini sangat penting jika Anda tidak ingin anak Anda terlibat dalam aktivitas berbahaya di internet. Dengan kata lain, Anda dapat mendorong mereka untuk fokus pada kebiasaan digital yang sehat dan positif. Semoga bermanfaat.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *