Bisnis Anda, sekecil apa pun, membutuhkan sistem manajemen akuntansi yang efektif untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya sehari-hari dan menetapkan tujuan keuangan jangka panjangnya. Tapi ketika Anda sudah multitasking sebagai CEO, manajer, dan salesman, Anda tidak punya waktu untuk menjadi akuntan juga, bukan? Ya, sebenarnya, Anda melakukannya.

Dengan program software akuntansi bisnis kecil yang bagus, Anda masih dapat mengelola arus kas Anda, tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu. Beberapa klik di sana-sini, dan Anda dapat memperkirakan pendapatan, membayar tagihan, dan menghasilkan laporan. Tetapi fungsi apa yang harus Anda cari dalam perangkat lunak akuntansi? Apa yang sebenarnya Anda butuhkan dan apa yang dapat Anda lakukan tanpanya? Bacalah beberapa tip.

Cari perangkat lunak yang ramah pengguna. Pilih perangkat lunak akuntansi dengan antarmuka yang menyerupai versi kertas tradisional sehingga Anda dapat segera menavigasi jalan. Semakin akrab tata letak perangkat lunak bagi Anda, semakin mudah Anda dapat secara intuitif menjelajahi fungsinya.

Fitur internet dan e-commerce juga bisa menjadi penting. Jika bisnis kecil Anda bergantung pada penjualan dan pesanan melalui web di seluruh dunia, Anda pasti memerlukan perangkat lunak akuntansi yang terhubung dengan mulus ke fungsi e-Commerce. Temukan sesuatu yang dapat Anda kaitkan dengan mudah ke portal pembayaran online bank Anda, misalnya, sehingga Anda dapat secara otomatis melacak pembayaran yang dilakukan kepada Anda dan tagihan yang harus Anda bayarkan.

Cari kompatibilitas dengan program yang sering digunakan. Jika sebagian besar catatan Anda berbasis Windows, temukan perangkat lunak akuntansi bisnis kecil yang mudah disinkronkan dengan Microsoft Excel dan aplikasi Microsoft Office lainnya. Fitur seperti itu akan memungkinkan Anda mengintegrasikan catatan yang ada tanpa risiko merusak data. Ada juga program perangkat lunak akuntansi khusus yang tersedia untuk platform lain.

Periksa laporan profesional yang disertakan dalam perangkat lunak. Waspadalah terhadap beberapa paket perangkat lunak yang dapat menghasilkan ratusan jenis laporan – Anda mungkin tidak akan menggunakan lebih dari setengahnya, jadi mengapa harus membayar harga ekstra? Berkonsentrasilah pada laporan penting, seperti laporan yang diperlukan untuk pengarsipan pajak dan laporan penagihan waktu, jika Anda menggunakannya.

Ada tambahan lain yang perlu dipertimbangkan. Jika bisnis Anda berkembang dengan cepat, mungkin ada baiknya untuk berinvestasi dalam perangkat lunak akuntansi multi-pengguna yang dapat diperluas yang mengintegrasikan fungsi penggajian, pelacakan inventaris, penetapan biaya pekerjaan, dan fitur produktivitas lainnya. Jenis-jenis ini harganya sedikit lebih mahal, tetapi pasti diperlukan untuk bisnis kecil yang berkembang pesat.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *