Ketika berbicara tentang software akuntansi bisnis terbaik, Anda harus terlebih dahulu mengetahui hubungan antara keuangan dan akuntansi. Berbicara secara konseptual, mereka terkait erat dengan sejauh mana akuntansi merupakan masukan penting dalam pengambilan keputusan keuangan dan ada perbedaan utama dalam sudut pandang di antara mereka. Akuntansi merupakan masukan penting dalam keuangan. Artinya, akuntansi adalah subfungsi keuangan.

Akuntansi menghasilkan informasi atau data yang berkaitan dengan operasi atau aktivitas perusahaan. Produk akhir akuntansi merupakan laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi (akun laba rugi) dan laporan perubahan posisi keuangan (sumber dan penggunaan laporan dana). Informasi yang terkandung dalam pernyataan dan laporan ini membantu manajer keuangan dalam menilai kinerja masa lalu dan arah masa depan perusahaan dan dalam memenuhi kewajiban hukum tertentu, seperti pembayaran pajak dan sebagainya. Dengan demikian, akuntansi dan keuangan secara fungsional terkait erat.

Tetapi ada perbedaan utama antara keuangan dan akuntansi. Perbedaan pertama berkaitan dengan perlakuan dana sedangkan yang kedua berkaitan dengan pengambilan keputusan. Sudut pandang akuntansi yang berkaitan dengan dana perusahaan berbeda dari keuangan. Pengukuran dana (pendapatan dan pengeluaran) dalam akuntansi didasarkan pada sistem akrual. Misalnya, pendapatan diakui pada titik penjualan dan bukan pada saat dikumpulkan. Demikian pula, beban diakui pada saat terjadinya, bukan pada saat sebenarnya dibayar. Data akuntansi berbasis akrual tidak sepenuhnya mencerminkan keadaan keuangan perusahaan. Sudut pandang keuangan yang berkaitan dengan perlakuan dana didasarkan pada arus kas. Pendapatan diakui hanya ketika benar-benar diterima dalam bentuk tunai (yaitu arus masuk kas) dan biaya diakui pada pembayaran aktual (yaitu arus kas keluar).

Keuangan dan akuntansi juga berbeda dalam hal tujuannya. Tujuan akuntansi adalah pengumpulan dan penyajian data keuangan. Ini menyediakan data yang dikembangkan secara konsisten dan mudah diinterpretasikan tentang operasi perusahaan di masa lalu, sekarang dan masa depan. Di sisi lain, tanggung jawab utama manajer keuangan berkaitan dengan perencanaan keuangan, pengendalian dan pengambilan keputusan. Jadi, dalam arti tertentu, keuangan dimulai di mana akuntansi berakhir.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *