Menariknya, Menurut Stats Canada ada beberapa alasan mengapa kita mungkin ‘mengalami’ nyeri punggung bawah, termasuk otot yang buruk, gaya hidup yang tidak banyak bergerak, obesitas, merokok, postur tubuh yang buruk dan faktor psikososial (stres kronis dan depresi). Ada beberapa faktor penting yang terlewatkan, yaitu; ketidakseimbangan otot, kontrol postural, disfungsi sakroiliaka dan masalah pencernaan.

Jadi bagaimana kita bisa memastikan bahwa kita bukan sekedar ‘statistik’ atau teori? Nah, hal pertama yang pertama – mari kita lihat apa yang disarankan Stats Canada dapat menyebabkan sakit punggung:

1. Tonus otot yang buruk dan gaya hidup yang kurang gerak.

Nah, itu seharusnya cukup mudah diubah dengan bergabung ke gym, lebih banyak berjalan kaki dan melakukan peregangan selama hari kerja, jadi mengapa tidak lebih banyak orang yang melakukannya? Dalam praktik saya, alasan umum yang saya dengar untuk menghindari aktivitas sederhana ini adalah, “Saya bekerja terlalu keras untuk berolahraga” dan, “Saya tidak punya cukup waktu.” Waktu selalu menjadi tantangan, dan jika memang tidak ada cukup waktu untuk berolahraga, ada hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan. Daripada menghabiskan 3 jam langsung di depan komputer, Anda dapat bangun dan melakukan peregangan setiap 45 menit atau lebih. Ini akan menjaga persendian dan otot Anda lebih halus, memungkinkan aliran darah lebih baik ke seluruh tubuh Anda dan, mudah-mudahan, membuat Anda merasa ingin berbuat lebih banyak. Daripada mengemudi ke supermarket dan melihat seberapa dekat Anda bisa sampai ke pintu masuk, buatlah keputusan sadar untuk memarkir mobil sedikit lebih jauh untuk memperpanjang perjalanan Anda. Upaya yang tampaknya kecil ini menambah dan berkontribusi pada kualitas hidup yang lebih baik.

2. Kegemukan

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, terdapat penjelasan klinis untuk obesitas, tetapi sebagian besar orang makan makanan yang salah pada waktu yang salah di tempat yang salah. Ada banyak ahli gizi hebat di luar sana, yang memenuhi syarat dalam membantu orang mengatasi obesitas. Mengapa kita tidak memanfaatkan sumber daya dan dukungan yang tak ternilai? Bahkan beberapa perubahan sederhana dapat membuat perbedaan besar. Pencegahan dan pengurangan obesitas melibatkan pemahaman tentang pentingnya berjalan kaki setidaknya 20 menit per hari, dan menyadari bahwa sarapan benar-benar penting untuk makan sehari-hari (untuk fungsi metabolisme), bahwa minuman manis bukanlah pengganti air, dan bahwa roti putih meningkatkan gula darah. tingkat secepat makan gula itu sendiri.

3. Merokok, Cukup berkata Tidak akan Rokok.

4. Postur tubuh yang buruk dan faktor psikososial.

Sangat menarik bahwa Stats Canada menempatkan faktor-faktor ini bersebelahan, karena terkadang mereka berjalan seiring. Kita semua pernah melihat seorang teman lama dan, tanpa bertukar kata, dapat menyimpulkan keadaan emosional mereka. Postur dan bahasa tubuh mencerminkan jiwa. Ada banyak faktor psikososial yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit punggung dan banyak di antaranya yang kurang dihargai. Di dunia barat, kita diajari bahwa tubuh mirip dengan mesin dan kebal terhadap pengaruh psiko-emosional. Banyak dari pasien saya memiliki sedikit atau tidak ada temuan pada MRI atau X-ray, sehingga kesimpulan ‘tak terucapkan’ oleh Dokter mereka adalah tidak ada yang salah dengan mereka dan mereka seharusnya tidak merasakan sakit. Yah … mereka memang merasakan sakit, jadi pasti datang dari suatu tempat! Sebuah contoh klasik, hubungan psikososial nyeri yang diterima dengan baik melibatkan fenomena lengan bayangan. Banyak orang dengan amputasi melaporkan merasakan sakit pada anggota tubuh yang hilang. Para dokter menerima gejala-gejala ini sebagai pengalaman nyata dan mendalam, karena nyeri tungkai hantu telah didokumentasikan selama berabad-abad dan dipahami bahwa rasa sakit itu timbul di otak. Melalui studi tentang nyeri tungkai hantu ini, pengobatan modern mulai memetakan hubungan antara nyeri punggung dan faktor psikososial. (Schielp 2008)

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *