Episode depresi pada pasien yang didiagnosis dengan gangguan bipolar terlihat lebih sering daripada episode mania yang juga menyertai penyakit ini. Gejala depresi dengan gangguan bipolar mungkin sulit diobati karena obat yang digunakan untuk mengobati depresi dapat memicu episode mania.

Gejala depresi dengan gangguan ini dapat memiliki efek yang menghancurkan jika tidak ditangani atau diobati dengan tidak tepat. Belum lama ini gejala-gejala ini diobati dengan obat-obatan yang membuat pasien berada di bawah pengaruh sedasi berat, namun, ada obat yang lebih baik yang biasa disebut penstabil suasana hati yang saat ini digunakan bersama dengan berbagai bentuk terapi.

  • Psikoterapi

Ada berbagai metode terapi psikoterapi yang digunakan dalam merawat pasien dengan gangguan bipolar. Psikoterapi biasanya digunakan dalam kombinasi dengan obat-obatan untuk membantu mengobati gejala penyakit ini.

Psikoterapi berfokus pada mendidik individu dengan gangguan ini tentang bagaimana mengelola gejala mereka dan bermanfaat dalam berbagai cara karena memungkinkan orang tersebut untuk mengekspresikan perasaan mereka sehubungan dengan bagaimana penyakit ini telah mempengaruhi mereka serta keluarga mereka, dan juga membantu mereka dengan nasihat tentang bagaimana meningkatkan keterampilan sosial mereka atau menangani masalah pekerjaan yang mungkin terpengaruh oleh penyakit mereka.

  • Fototerapi atau Terapi Cahaya

Terapi cahaya atau fototerapi adalah bentuk perawatan medis yang biasanya digunakan untuk mengobati gangguan kulit seperti psoriasis; Namun, beberapa peneliti sekarang percaya bahwa bentuk terapi ini mungkin bermanfaat dalam pengobatan gejala depresi yang dapat terjadi pada penyakit mental, termasuk gangguan bipolar.

Selama terapi cahaya, pasien dihadapkan pada cahaya terang langsung ke mata mereka yang dilakukan dengan menggunakan “pelindung cahaya” atau “kotak cahaya” untuk jangka waktu tiga puluh menit hingga dua jam. Dalam kasus depresi bipolar, bentuk pengobatan ini digunakan untuk mengurangi keparahan atau lamanya episode dan hanya dapat digunakan untuk periode waktu yang singkat. Keuntungan dari terapi cahaya termasuk efek samping yang lebih sedikit dan respon yang lebih cepat terhadap pengobatan pada beberapa individu.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *