Banyaknya produk-produk yang mengklaim mampu menghilangkan ketiak hitam membuat sebagian besar orang berpikir kalau warna kulit ketiak memang cenderung gelap. Kenyataannya, kulit ketiak yang normal mempunyai warna yang sama dengan kulit di bagian tubuh lainnya.

Selain itu walau posisinya tersembunyi, ketiak hitam tetap berpotensi mengurangi tingkat kepercayaan diri. Khususnya untuk mereka yang sering mengenakan pakaian tanpa lengan seperti tank top. Lantas, bagaimana caranya agar ketiak kembali cerah tanpa menimbulkan efek samping?

Apa saja faktor penyebab ketiak hitam?

Ada sejumlah faktor penyebab yang perlu Anda ketahui sebelum mengaplikasikan cara menghilangkan ketiak hitam, antara lain:

  • Iritasi pada kulit ketiak. Kurang hati-hati saat mencabut atau mencukur rambut ketiak akan menyebabkan iritasi. Hal ini disebabkan produksi melanosit berlebih, yakni sel penghasil pigmen atau melanin (warna alami kulit).
  • Infeksi bakteri. Infeksi yang dipicu bakteri Corynebacterium minutissimum adalah faktor lainnya yang akan meningkatkan risiko ketiak hitam. Bakteri tersebut bisa tumbuh subur di tempat yang lembab dan kurang bersih.
  • Masa kehamilan. Bumil memang rentan mengalami macam-macam keluhan, tak terkecuali gangguan kulit seperti ketiak hitam. Pemicunya adalah fluktuasi hormon kehamilan yang akan meningkatkan produksi melanin.
  • Terkena acanthosis nigricans. Penyakit bernama acanthosis niricans akan menyebabkan penebalan kulit hingga perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Bukan cuma ketiak, penyakit ini juga menyerang bagian tubuh lain dari wajah, leher, perut, hingga pangkal paha.

Bagaimana cara mengatasi ketiak hitam?
Setelah mengenali faktor penyebab ketiak hitam, sekarang Anda bisa terapkan empat cara berikut untuk mengatasinya:

  1. Kenakan pakaian yang tepat
    Jenis pakaian yang Anda kenakan berpengaruh terhadap peluang menghilangkan ketiak hitam. Lalu, seperti apa pakaian yang sebaiknya dipilih? Pakaian berbahan alami seperti katun direkomendasikan karena tak akan menimbulkan iritasi pada kulit. Kemampuannya dalam menyerap keringat pun lebih baik dibandingkan bahan lain seperti polyester dan wol.
  2. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi
    Jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-hari berpengaruh terhadap warna kulit hingga bau yang keluar dari ketiak Anda. Beberapa makanan yang mengandung aroma kuat seperti bawang, pedas dan panas, hingga beralkohol sebaiknya dikurangi untuk mengembalikan ketiak yang sehat. Ganti dengan sayur dan buah yang bakal mempercantik kulit secara alami.
  3. Rawat kulit ketiak dengan bahan alami
    Sejumlah bahan alami bisa Anda manfaatkan dalam metode alami menghilangkan ketiak hitam. Sebut saja minyak kelapa (virgin coconut oil) yang memiliki kandungan asam laurat untuk menekan tumbuh kembang bakteri di ketiak. Bahan alami populer lainnya yang bisa mengurangi bau badan dan warna kulit ketiak gelap adalah tawas yang sudah lama dikenal sebagai deodoran alami.
  4. Pakai antiperspirant dan deodoran yang sesuai
    Antiperspiran merupakan produk berbahan aktif seperti aluminium klorida yang sanggup memblokir kelenjar apokrin untuk memproduksi keringat. Sementara itu, deodoran adalah produk umum yang bisa Anda andalkan untuk menutupi bau hingga memudarkan ketiak hitam. Kalau memilih deodoran, Anda harus pastikan bahan-bahan dalam komposisinya sesuai jenis kulit untuk mencegah reaksi seperti alergi.

Langkah-langkah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menghindari jenis obat tertentu yang punya potensi meningkatkan produksi keringat. Berkonsultasi dengan dokter pun bisa membantu menemukan solusi yang tepat untuk menyamarkan ketiak hitam sesuai anjuran medis. Semoga tips ini membantu Anda menghilangkan ketiak hitam agar kembali percaya diri!

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.