Fotografi profesional adalah pilihan karir yang berkembang pesat di kalangan anak muda saat ini. Berbagai kategori seperti satwa liar, potret, fotografi acara, jalanan, makanan – dan beberapa jenis lainnya tersedia untuk menjadi fotografer profesional.

Di antara kategori ini, fotografi acara dianggap sebagai istilah utama fotografi profesional.

Misalnya, fotografi pernikahan sangat populer. Seiring dengan jepretan prewedding, fotografi pernikahan bisa menjadi karier yang paling menjanjikan bagi seorang fotografer profesional. Orang sering mengira ini adalah genre fotografi profesional yang berbeda.

Jadi, ketika mengacu pada fotografi acara, mereka berbicara tentang acara lain seperti pesta perusahaan, pesta ulang tahun, konferensi, upacara penghargaan, pameran dagang, acara karpet merah, acara pemasaran. Pernikahan adalah sebuah acara tetapi sebagian besar waktu dianggap dalam sub genre itu sendiri.

Siapa yang bisa menjadi fotografer profesional yang sukses?

Fotografi acara sebagian besar cocok untuk berbagai tipe kepribadian. Jika Anda terpesona oleh media foto sebagai ekspresi berseni, itu pasti cocok untuk Anda. Dan akan membantu jika Anda juga sedikit berpikiran teknis.

Di sini, kami membagikan beberapa kiat profesional untuk menjadi fotografer yang sukses.

  1. Berkonsentrasi pada pengembangan keterampilan fotografi Anda
    Secara umum, tidak ada pedoman yang sempurna untuk menjadi fotografer acara yang baik. Hanya sedikit orang yang mendapatkan gelar fotografi atau menghadiri lokakarya dari fotografer profesional. Sementara yang lain percaya bahwa gelar sarjana hanya membuang-buang waktu ketika Anda ingin menjadi seorang profesional. Banyak sekali buku, situs web, dan e-book tersedia untuk Anda pelajari tentang dasar-dasar fotografi. Jika tidak, Anda mungkin lebih suka belajar dari fotografer mapan lainnya. Apapun keputusan Anda, jika Anda berdedikasi, Anda bisa mencapai yang terbaik.
  2. Dapatkan peralatan yang sesuai
    Kategori fotografi Anda akan menentukan jenis peralatan yang Anda butuhkan. Secara umum, Anda mungkin memerlukan beberapa badan kamera dan serangkaian lensa untuk menangani situasi yang berbeda. Beberapa lampu kilat yang bagus untuk memulai juga direkomendasikan. Anda juga memerlukan perangkat lunak pengedit foto profesional. Peralatan tambahan untuk penerangan juga diperlukan jika Anda berencana membuat studio di rumah.
  3. Beli peralatan secara ekonomis
    Peralatan berkualitas penting untuk mengambil gambar berkualitas tinggi. Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya apakah perlu menginvestasikan semua tabungan Anda untuk membeli peralatan baru atau kelas atas untuk memulai karier fotografi. Itu tidak perlu sama sekali. Anda dapat membeli peralatan fotografi bekas yang tersedia dalam kondisi kerja yang baik. Membeli model lama dengan harga diskon akan banyak membantu Anda menghemat uang untuk investasi masa depan. Selain itu, Anda juga dapat menyewa atau meminjam peralatan untuk memulai karier fotografi acara profesional. Setelah Anda menetap, belilah perlengkapan yang mewah dan mahal.
  4. Kenali kamera dan lensa Anda dengan lebih baik
    Ketahui setiap pengaturan, mode pencahayaan, pesan kesalahan yang ditunjukkan kamera Anda. Sebelum memulai sesi foto berbayar pertama, Anda perlu mengetahui semua ini untuk menjadi fotografer acara yang baik. Anda harus tahu tentang lensa mana yang akan digunakan dalam situasi apa. Selain itu, Anda harus dapat sering mengganti lensa bahkan dengan mata tertutup. Hindari meraba-raba peralatan kamera. Ini akan membuat Anda benar-benar tidak profesional di depan klien Anda.
    Mulailah membaca manual kamera Anda. Ini akan memberi Anda fitur terperinci dan Anda akan mengetahui fungsi kamera.
    Untuk menjadi fotografer profesional, mulailah berlatih secara ekstensif di rumah. Bereksperimen dengan cahaya dan bayangan, berlatih dengan pengaturan berbeda. Ini akan membantu Anda mempelajari dasar-dasar pengambilan gambar terbaik dengan peralatan yang tersedia.
  5. Belajar mengedit foto secara kreatif
    Fotografer Sydney profesional tahu cara mengedit foto menggunakan perangkat lunak pengeditan profesional terbaik seperti Capture One. Perangkat lunak pengeditan yang baik dapat mengambil gambar dari bagus menjadi hebat. Tapi jangan berlebihan untuk efek khusus. Klien mungkin tidak menyukai produk akhir atau foto yang terlalu diedit.

Semoga Bermanfaat untuk para fotografer pemula maupun profesional !!!

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *