Sudah menjadi fakta umum betapa sulitnya mengendarai sepeda motor di musim hujan. Beberapa pengendara sepeda motor takut bahkan pada perjalanan singkat dengan sepeda motornya selama musim tersebut karena fakta bahwa udara dingin semakin parah di atas sepeda motor. Akibatnya, cengkeraman pada throttle hampir tidak mungkin dilakukan sementara hujan menyulitkan pengendara untuk menavigasi dengan mudah. Ini membuat mengendarai sepeda motor berbahaya.

Namun, dengan mengambil beberapa langkah pencegahan, Anda bisa melindungi diri dari hawa dingin.

Langkah pencegahan yang harus diambil di bawah ini dapat membantu pengendara sepeda motor yang berencana melakukan perjalanan dengan sepeda motornya dalam cuaca dingin atau hujan yang sulit.

1) Pelindung tubuh: Langkah pencegahan paling jelas yang harus dilakukan setiap pengendara adalah melapisi seperti bawang. Kenakan setelan sepeda motor dengan item pakaian lain seperti jaket kulit agar tetap hangat. Banyak perusahaan mengkhususkan diri pada pakaian dalam untuk cuaca dingin, dan setiap pengendara harus berinvestasi pada beberapa karena mereka berpotensi menjaga pengendara tetap hangat saat cuaca dingin.

2) Sarung tangan: Menjaga tangan tetap hangat sangat penting karena sebagian besar panas tubuh keluar dari tangan. Setiap pengendara harus memakai sarung tangan kokoh yang akan menahan panas tubuh. Mengenakan sarung tangan juga akan melindungi tangan dari pembekuan yang sangat berbahaya.

3) Visor: Masalah lain yang dihadapi pengendara selama musim dingin adalah kenyataan bahwa karena kelembapan, visor sering kali berkabut. Visibilitas awan ini dan membuat mengemudi sangat berbahaya. Pengendara dapat membeli helm yang memiliki visor anti kabut atau memakai masker di dalam helm yang dipadukan dengan balaclava tahan angin.

4) Berkendara lambat: Ban yang dingin memiliki traksi yang lebih sedikit yang membuat lebih sulit saat sepeda motor mulai meluncur. Salah satu langkah pencegahan yang dapat dilakukan pengendara adalah mengemudi dengan lambat dan memberi diri mereka ruang yang cukup dari kendaraan di depan mereka.

5) Perlengkapan berpemanas: Untuk pengendara yang berencana mengemudi dalam suhu yang sangat dingin, disarankan agar mereka berinvestasi dalam pakaian berpemanas. Ada rompi, jaket, celana, kaus kaki, dan sarung tangan berpemanas listrik yang ditenagai oleh sistem kelistrikan sepeda motor untuk menjaga pengendara tetap hangat apa pun cuacanya. Satu-satunya kelemahan dari peralatan ini adalah bahwa peralatan ini melekat pada sepeda motor dan beberapa pengendara cenderung melupakan fakta tersebut dan merusak kabel saat mereka berjalan menjauh. Pilihan lainnya adalah roda gigi bertenaga baterai. Barang-barang ini akan menghasilkan panas yang sebanding dengan peralatan listrik kecuali masa pakai baterai dibatasi hingga 6 hingga 8 jam pada suhu maksimal. Tapi sungguh, siapa yang ingin berkendara lebih dari 8 jam di hari musim dingin? Kelemahan lain dari peralatan bertenaga baterai adalah Anda harus ingat untuk mengisi ulang perangkat sebelum digunakan kembali.

6) Pakaian lain: Penunggang juga dapat berinvestasi dalam perlengkapan pelindung musim dingin yang membantu memberikan perlindungan terhadap dingin yang intens, barang-barang ini seperti penghangat kaki, kaca depan yang dapat dilepas, dan pelindung tangan. Barang-barang ini tersedia dengan harga yang menarik dan sudah tersedia di pasaran.

Yang terpenting, jika Anda berada di jalan yang licin, jangan panik. Berkendara perlahan dan pertahankan akselerasi pada kecepatan konstan. Selain itu, pastikan sepeda motor Anda sudah siap dan siap untuk dikendarai. Terakhir, belilah pakaian penting yang disebutkan di atas. Perlengkapan ini akan membantu melindungi setiap pengendara sepeda motor dari hawa dingin untuk memastikan kenyamanan berkendara.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *