Bertambahnya usia adalah bagian tak terelakkan dari proses kehidupan. Namun, itu tidak harus merusak dan Anda dapat tetap bugar saat bertambah tua. Tetap bugar saat bertambah tua akan menunda penuaan dan mencegah efek buruknya. Berikut adalah beberapa tips tentang cara menjaga kebugaran dan kesehatan.

Berolahraga dengan Baik

Pentingnya olahraga dalam menjaga kebugaran untuk segala usia tidak dapat terlalu ditekankan.

Ini adalah fakta ilmiah yang terbukti bahwa orang yang berolahraga cenderung memiliki sistem kekebalan yang lebih baik, fungsi pencernaan yang lebih baik, tekanan darah dan kepadatan tulang yang lebih baik, dan risiko penyakit Alzheimer, diabetes, obesitas, penyakit jantung, osteoporosis, dan kanker tertentu yang lebih rendah.

Tidak hanya itu, olahraga membantu menurunkan berat badan yang tidak sehat. Metabolisme secara alami menurun dengan bertambahnya usia, olahraga meningkatkan metabolisme tubuh dan ada penurunan berat badan yang tidak sehat.

Seiring bertambahnya usia, tubuh mengalami serangkaian perubahan fisiologis sehingga jenis dan intensitas latihan juga akan berkembang.

  • Angkat Berat – Ini adalah bentuk latihan yang harus selalu ada waktu. Ada kecenderungan untuk menjadi terdemoralisasi untuk mengangkat beban seiring bertambahnya usia. Ini mungkin karena atrofi otot yang mengurangi vitalitas otot dan fungsinya. Anda mungkin merasa semakin sulit untuk mengangkat beban yang telah Anda angkat. Penting untuk tidak menyerah selama tantangan seperti itu. Salah satu cara untuk mengatasi tantangan adalah dengan bergabung dengan kelompok olahraga yang Anda ajak angkat beban dan berolahraga bersama. Ada risiko cedera dan Anda harus berhati-hati dengan latihan. Jangan pernah menggunakan beban yang terlalu berat. Gunakan beban yang lebih kecil dan kemudian coba untuk membangunnya kembali.
  • Berjalan/Jogging – Berjalan dan jogging adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Seiring bertambahnya usia, ada kecenderungan untuk menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak yang mungkin dikaitkan dengan pensiun atau alasan lain dan bahkan lebih penting untuk mulai berjalan dan jogging sebagai bagian dari rezim latihan Anda. Berjalan dan Jogging meningkatkan detak jantung dan mengurangi kemungkinan terkena hipertensi. Tidak hanya itu, ia membuat darah mengalir dengan baik ke seluruh area tubuh.
  • Yoga – Yoga adalah metode anti-penuaan alami dan disarankan untuk dilakukan seiring bertambahnya usia. Yoga telah dipelajari dan mungkin direkomendasikan untuk meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Yoga memiliki efek yang sama pada Anda saat lebih muda ketika Anda bertambah tua. Beberapa efek yoga termasuk meningkatkan kesehatan dan stamina secara umum, mengurangi stres, dan memperbaiki kondisi yang disebabkan oleh penuaan. Hal ini terutama dipromosikan sebagai rutinitas terapi fisik, dan sebagai rejimen untuk memperkuat dan menyeimbangkan semua bagian tubuh.

Makan dengan baik

Hal ini penting di usia untuk makan diet seimbang agar tetap fit. Diet seimbang adalah diet yang memberikan tubuh Anda semua nutrisi yang dibutuhkan olehnya agar berfungsi dengan benar.

Potongan junk food. Junk food mengandung nutrisi yang buruk dan kandungan gula yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak sehat. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius yang mengakibatkan morbiditas. Prevalensi beberapa komplikasi medis, seperti diabetes, hipertensi, arthritis, penyakit kardiovaskular, inkontinensia urin, dan berbagai jenis kanker, dikaitkan dengan obesitas pada usia lanjut.

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari makanan tinggi gula seperti kue, kue kering, dan donat. Untuk mendapatkan nutrisi seimbang yang tepat, Anda harus mendapatkan sebagian besar energi harian Anda dari buah-buahan dan sayuran segar, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Istirahat dengan baik

Agar tetap bugar saat bertambah tua, penting untuk selalu mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup. Istirahat yang cukup membantu mengurangi stres dan menjauhkan efek merugikannya.

Semoga artikel Kesehatan tentang Anti aging ini membantu Anda.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.