Ada saatnya dalam hidup Anda ketika Anda merasa bahwa Anda siap untuk merdeka dan pindah dari rumah orang tua Anda menjadi pilihan yang sangat menarik. Sebelum Anda mengambil lompatan menuju kebebasan, ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu:

1) Bisakah Anda membelinya?
Pertanyaan terpenting yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah apakah Anda mampu atau tidak. Tampaknya pada saat ini Anda mendapatkan penghasilan yang cukup dari pekerjaan Anda dan Anda memiliki tabungan yang cukup di bank. Namun, kebenaran yang menyakitkan adalah bahwa ada pengeluaran tak terduga yang harus Anda keluarkan begitu Anda mulai hidup sendiri. Biaya utilitas, makanan, perlengkapan mandi, deterjen pembersih dan sejenisnya adalah beberapa hal yang mungkin Anda anggap remeh selama tinggal di rumah.

2) Seberapa stabil pekerjaan dan sumber penghasilan Anda?
Anda mungkin bekerja dengan baik saat ini tetapi dengan penurunan ekonomi dan dengan banyak orang kehilangan pekerjaan, Anda mungkin ingin berpikir dua kali tentang stabilitas keuangan Anda. Berapa bulan sewa dan pengeluaran yang dapat Anda tanggung jika Anda kehilangan sumber pendapatan utama? Apa rencana cadangan Anda saat ini terjadi?

3) Apakah Anda siap untuk melakukan semuanya sendiri?
Pikiran untuk pindah dan mandiri dari orang tua mungkin tampak mengasyikkan. Namun, Anda juga perlu memikirkan apakah Anda benar-benar siap untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Apakah Anda tahu cara memasak, mencuci pakaian, atau membersihkan rumah? Orang tua Anda mungkin telah melakukan pekerjaan dengan baik dalam mengatur rumah tangga Anda, tetapi itu tidak berarti itu adalah tugas yang mudah.

4) Apakah Anda berencana untuk tinggal sendiri atau dengan teman sekamar?
Anda mungkin perlu berbagi tempat dengan teman untuk menutupi biaya sewa. Ingatlah bahwa tidak peduli seberapa dekat Anda dengan teman-teman Anda, tinggal bersama di bawah satu atap masih merupakan keputusan yang sangat besar. Anda tumbuh dalam rumah tangga yang berbeda dan dengan demikian, apa yang mungkin diterima oleh satu orang mungkin tidak dapat diterima oleh yang lain. Pastikan Anda menetapkan aturan rumah sebelum pindah.

5) Apa alasan utama Anda pindah?
Terakhir, pikirkan alasan utama Anda pindah. Pastikan bahwa ketika Anda pindah, itu adalah sesuatu yang benar-benar ingin Anda lakukan daripada sesuatu yang Anda rasa harus Anda lakukan. Apakah semua teman Anda pindah dan Anda juga merasakan tekanan untuk pindah? Mengungkap alasan sebenarnya sangat penting karena akan dapat memberi Anda gambaran tentang kematangan emosi dan kesiapan Anda untuk mengambil langkah besar ini.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *