Kebutuhan terhadap kendaraan pribadi selama wabah Covid-19 yang meningkat secara signifikan ikut berdampak pada pembelian mobil bekas Jakarta. Selain dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, mobil bekas dapat segera digunakan untuk beraktivitas. Terutama di Jakarta, salah satu kota besar di Indonesia yang masih mempunyai mobilitas tinggi di masa pandemi.

  • Penjualan mobil bekas yang merangkak naik

Pasar otomotif, seperti bidang dan sektor lain, sempat mengalami kelumpuhan saat virus Corona menyebar pada awal 2020 silam. Namun, tingkat penjualan kendaraan kembali merangkak naik sejak pertengahan tahun lalu. Tak terkecuali untuk mobil bekas yang diincar masyarakat luas. Terbukti dari showroom mobil bekas Jakarta yang terus menerima transaksi untuk jenis kendaraan tersebut.

Joni Gunawan, salah satu pebisnis mobil bekas di WTC Mangga Dua, mengungkapkan bahwa peningkatan terhadap kendaraan seken pada awal 2021 dipengaruhi menipisnya stok di pasaran. Tahun lalu, kondisi tersebut sempat terjadi juga, apalagi mereka kesulitan mendapatkan stoknya, sementara peminat terus bertambah. Pada tahun ini, stok mobil bekas perlahan mulai penuh dan membuat transaksi berjalan normal.

Menyoal segmen, MPV (Multi-purpose Vehicle) menjadi model mobil bekas yang diminati para konsumen. Hal ini tak terlepas dari fungsi mobil yang cukup banyak dan fleksibel untuk berbagai aktivitas. Anda juga berkesempatan mendapatkan mobil bekas Jakarta yang masih terasa seperti baru. Pasalnya, sejumlah penjual sengaja menawarkan kendaraan untuk mendapatkan uang cepat yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  • Jumlah penjualan lebih tinggi dari mobil baru

Minat masyarakat terhadap mobil bekas membuat angka penjualannya menyaingi mobil baru. Berdasarkan data-data terkini, pasar mobil bekas dinilai lebih stabil karena rata-rata penjualan per tahunnya mencapai dua juta unit, sedangkan mobil baru hanya satu juta unit.

Berubahnya orientasi konsumen terhadap mobil bekas adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan penjualan. Kini, masyarakat tak lagi berpatokan pada keinginan, melainkan bujet yang mereka miliki untuk membeli kendaraan. Maka dari itu, mereka lebih memilih mengunjungi showroom mobil bekas Jakarta untuk mendapatkan kendaraan yang diperlukan.

Lantas untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sejumlah pihak sengaja menyediakan wadah jual beli mobil bekas. Salah satunya melalui pelelangan yang merupakan hasil kerja sama dari perusahaan-perusahaan otomotif ternama. Dengan begitu, masyarakat dapat membeli maupun menjual mobil bekas dengan harga terjangkau. Bukan hanya itu, pihak-pihak yang terlibat dalam pelelangan pun menyediakan layanan seperti leasing untuk mempercepat pembayaran.

  • Kemudahan membeli mobil bekas secara online

Kebijakan social distancing yang ditujukan untuk membatasi kontak fisik membuat sebagian besar aktivitas dialihkan ke ranah digital. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang mencari mobil bekas Jakarta. Kebanyakan showroom atau dealer kendaraan telah membuka layanan transaksi lewat website yang akan menunjang usaha mereka di masa pandemi.

Meski demikian, konsumen harus cermat saat membeli mobil bekas secara online. Selain memperhatikan harga, pelajari layanan-layanan tambahan yang showroom berikan. Apa mereka akan membantu kalau Anda akan membeli mobil bekas secara kredit? Apa Anda harus datang ke showroom untuk test drive dan mengurus dokumen lainnya?

Satu hal penting lain yang tak boleh Anda lewatkan saat membeli mobil bekas adalah memeriksa performa mobil. Oleh karena itu, test drive sangat dianjurkan kalau Anda mampir ke showroom mobil bekas Jakarta, sehingga Anda dapat memperoleh kendaraan sesuai ekspektasi.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *