Karena harga bahan bakar terus meningkat, para pengemudi mencari ide-ide baru tentang cara-cara untuk mengurangi biaya bahan bakar sambil menghemat bahan bakar sebanyak mungkin. Sementara itu, perusahaan baru yang mengklaim memiliki produk “ajaib”, seperti bahan bakar dan aditif mesin, membodohi publik agar percaya bahwa barang dagangan ini benar-benar berfungsi.

Semua ini dilakukan untuk menipu konsumen agar membelanjakan lebih banyak uang untuk produk yang memiliki sedikit atau tidak ada pengaruh terhadap konsumsi bahan bakar dan konservasi. Lanjutkan membaca untuk mempelajari kebenaran di balik meningkatkan jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar untuk mobil atau truk Anda.

Meningkatkan Jarak Tempuh Gas Sendiri

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan pengemudi untuk meningkatkan jarak tempuh per galon. Mengubah kebiasaan mengemudi adalah langkah awal untuk memulai. Menggunakan kecepatan yang lebih lambat di jalan antar negara bagian, menghindari akselerasi full-throttle, menggunakan kecepatan tetap, dan banyak lagi, semuanya merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan jarak tempuh bensin Anda. Tempat pertama untuk memulai, seperti yang disebutkan sebelumnya, adalah mengubah kebiasaan mengemudi Anda secara umum. Ini termasuk yang berikut:

  • Gunakan Kecepatan Lebih Lambat
  • Kosongkan Ruang Batang
  • Kurangi Berat Berlebih di Dalam Kendaraan
  • Hindari Pemalasan yang Diperpanjang
  • Gabungkan Tugas dan Perjalanan
  • Berkendara dengan mulus
  • Hindari Kecepatan Jelajah Tinggi di Interstate

Perlambatan pada umumnya menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Jika Anda melebihi batas kecepatan secara teratur, atau berakselerasi dengan cepat dari posisi diam, ini akan dengan cepat menghabiskan bahan bakar mobil atau truk. Ini sama untuk kecepatan jelajah jalan raya. Ini membantu untuk memperlambat ke batas kecepatan yang sah di jalan antar negara bagian untuk keselamatan; selain itu juga dapat meminimalkan konsumsi bahan bakar harian.

Menghilangkan bobot berlebih dari jok belakang dan bagasi dapat mengurangi bobot keseluruhan kendaraan, yang memungkinkannya menggunakan lebih sedikit bahan bakar untuk beroperasi. Pemalasan juga menggunakan banyak gas.

Cobalah untuk menghindari situasi yang mengharuskan kendaraan berjalan saat tidak dalam mode mengemudi. Jika terjebak macet, matikan mesin untuk menghindari panas berlebih dan konsumsi bahan bakar masif. Dan terakhir, mensindikasikan tugas dan perjalanan dapat mengurangi jarak tempuh secara umum, yang sebaliknya, mengurangi jumlah bahan bakar yang dibutuhkan setiap hari.

Perawatan Kendaraan Rutin

Di atas kebiasaan mengemudi, perawatan kendaraan yang cermat penting untuk dipertimbangkan dalam menghemat bahan bakar dan meningkatkan jarak tempuh bahan bakar. Misalnya, sangat penting menggunakan oli mesin yang tepat untuk kendaraan. Tingkat kekentalan harus sesuai dengan jenis mesin di dalam mobil. Jika pengemudi menggunakan oli dengan viskositas lebih tinggi dari yang dibutuhkan, itu akan membuat lebih banyak hambatan pada komponen mesin internal.

Beberapa mekanik akan merekomendasikan penggunaan oli yang lebih kental seiring bertambahnya usia kendaraan, tetapi ini salah. Ini akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras, terutama dalam cuaca dingin, dan secara konstan mengurangi jarak tempuh bahan bakar setiap kali berkendara. Area lain yang perlu ditingkatkan atau dirawat dengan baik meliputi:

  • Tekanan ban
  • Busi
  • Grade Bahan Bakar
  • Filter Udara
  • Periksa Lampu Mesin
  • Penghapusan Karbon
  • Sistem Induksi Udara Bersih

Semoga beberapa Saran diatas dapat Anda lakukan sehingga dapat menghemat bahan bakar pada kendaraan Anda.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *