Penting untuk dicatat bahwa rambut rontok adalah proses alami dengan 100 hingga 300 helai rambut secara acak setiap hari. Pada artikel ini kita akan melihat dua aspek berbeda dari rambut rontok normal. Pertama, kita akan memeriksa apa yang sebenarnya terlibat dalam siklus pertumbuhan rambut. Kedua, kami akan menilai perkembangan alami kerontokan rambut dari waktu ke waktu.

Rambut terdiri dari serat keratin panjang dan bengkok yang dilindungi oleh lapisan sel keratin. Tepat di bawah permukaan kulit terdapat sekelompok sel aktif yang dikenal sebagai papilla dermal dan dari sinilah rambut tumbuh menjadi folikelnya.

Serat yang tumbuh ini akhirnya mengeras dan tumbuh dari kulit kepala. Pada tahap ini serat rambut mati dengan hanya ujung akar yang mengandung sel-sel hidup.

Secara lebih rinci, siklus pertumbuhan rambut terdiri dari tiga tahap berbeda:
1. Tahap anagen – fase pertumbuhan yang dapat berlangsung antara dua dan tujuh tahun. Rata-rata, setiap rambut tumbuh sekitar enam inci (15 cm) per tahun.
2. Tahap katagen – fase transisi yang berlangsung kira-kira dua sampai empat minggu. Pada saat ini batang rambut terlepas dari papilla dermis dan bergerak ke atas dalam folikel yang menyusut.
3. Tahap telogen – masa istirahat yang berlangsung sekitar tiga bulan yang memungkinkan rambut melepaskan diri dari folikel sebelum rontok. Setelah ini, siklus berulang kecuali jika ada faktor lain yang menghalangi untuk mencegah pengulangan siklus.

Jelas waktu berperan dalam perkembangan kerontokan rambut bagi pria dan wanita. Manusia terlahir dengan jumlah rambut tubuh yang lembut dan halus yang bervariasi. Seiring waktu, sebagian dari rambut ini menjadi lebih kuat dan mengembangkan karakteristik lebih lanjut seperti warna dan tekstur. Hingga permulaan masa pubertas, garis rambut ditandai dengan penyebaran rendah di dahi. Untuk pria, ini hanya berlanjut selama beberapa tahun lagi.

Saat pria melewati usia dua puluhan, garis rambut terlihat lebih dewasa yang ditandai dengan resesi ke daerah temporal frontal dan disertai dengan sedikit penipisan di tempat lain. Penampilan cekung ini tidak selalu sama dengan kebotakan prematur karena ini semua adalah masalah derajat.

Skala Norwood adalah alat yang sangat berguna dalam mengembangkan strategi pertumbuhan rambut karena memungkinkan Anda menentukan sendiri tingkat kerontokan rambut dengan cara yang dipahami oleh dokter dan pakar rambut rontok lainnya. Lebih penting lagi, ini dapat membantu untuk mengatur pikiran Anda saat istirahat dan memungkinkan Anda untuk membedakan antara rambut rontok normal yang tidak memerlukan tindakan perbaikan dan kerontokan yang lebih ekstrim yang membutuhkan tindakan segera.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *