Dalam hal membeli jenis oli mesin yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal penting. Pada artikel ini, kami telah membahas 5 hal penting yang dapat membantu Anda mendapatkan jenis oli yang tepat untuk mesin mobil Anda. Memilih jenis oli yang salah dapat berdampak negatif pada performa mobil Anda. Selain itu, ini juga dapat mengurangi umur mesin. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menggunakan jenis oli yang tepat. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

  1. Seri dan pabrikan mobil
    Pertama-tama, Anda harus mempertimbangkan merek dan model mobil Anda. Mesin berkinerja tinggi saat ini dirancang untuk efisiensi tinggi. Jika Anda membaca manual mobil Anda, Anda akan mengetahui tentang jenis oli yang tepat yang direkomendasikan oleh pabrikan.
  2. Lingkungan berkendara
    Anda juga harus mempertimbangkan lingkungan mengemudi Anda saat membuat pilihan. Misalnya, Anda mungkin beriklim panas atau dingin. Demikian pula, kondisi jalan mungkin berbeda-beda. Anda mungkin harus berkendara di jalan beraspal atau tidak beraspal secara teratur.
    Berdasarkan faktor-faktor ini, mesin mobil Anda harus mentolerir berbagai tingkat tekanan. Jika Anda berkendara di jalan yang tidak beraspal, Anda harus lebih sering mengganti oli mesin. Beberapa jenis oli dirancang untuk mengurangi tekanan pada mesin Anda.
  3. Jenis minyak
    Setelah Anda mempertimbangkan merek dan model mesin mobil Anda, Anda dapat memilih oli mineral atau sintetis. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya, oli sintetis membutuhkan lebih banyak uang tetapi dapat bertahan lebih lama.
  4. Tingkat viskositas
    Jika Anda membandingkan produk yang berbeda, Anda akan menemukan kode dan huruf yang berbeda tertulis pada label. Angka-angka ini memberi tahu Anda tentang tingkat viskositas dan ketahanan oli untuk mengalir. Sekarang, ini adalah faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan setelah mengemudi dan kondisi iklim.
    Huruf W mengacu pada musim dingin. Dengan kata lain, ini memberi tahu Anda bagaimana kinerja oli dalam cuaca dingin. Angka kedua memberi tahu Anda tentang aliran oli pada suhu pengoperasian normal.
    Biasanya, oli dengan viskositas rendah lebih tipis dan memberikan perlindungan lebih besar untuk mesin Anda dalam cuaca dingin. Di sisi lain, oli dengan viskositas tinggi menawarkan perlindungan yang lebih baik dalam cuaca panas. Oleh karena itu, penting untuk memahami tingkat viskositas oli sebelum melakukan pembelian.
  5. Standar minyak
    Jika Anda membaca label dengan cermat, Anda akan menemukan huruf dan singkatan, seperti ILSAC, ACEA, dan API. Akronim ini memberi tahu Anda bahwa produk tersebut dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh otoritas terkait. Anda perlu mempertimbangkan spesifikasi ini karena mereka memberi tahu Anda banyak hal tentang kualitas dan kinerja oli.
    Jika Anda melihat lebih dekat pada labelnya, Anda juga akan menemukan standar oli mesin yang ditunjukkan dengan akronim yang berbeda, seperti API, ACEA, ILSAC. Ini berarti bahwa produk tersebut memenuhi atau melampaui persyaratan yang ditetapkan oleh organisasi tersebut. Spesifikasi penting karena menunjukkan kinerja dan kualitas oli.

Singkat cerita, memilih jenis oli mesin yang tepat adalah penting jika Anda ingin mesin mobil Anda bekerja secara efisien. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan faktor-faktor penting ini saat mencari jenis oli yang tepat untuk kendaraan Anda.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *