Sejauh yang kami ketahui, airbag mobil adalah salah satu tindakan perlindungan paling efektif yang membantu mengurangi dampak kecelakaan pada penumpang. Faktanya, telah dilaporkan bahwa korban jiwa berkurang hingga 52 persen dalam kasus pengemudi berikat dengan kantung udara depan serta SUV yang dilengkapi kantung udara samping.

Fungsi Airbag

Di setiap mobil yang dilengkapi dengan airbag, terdapat sensor yang mampu mendeteksi tabrakan. Jika terjadi tabrakan, sensor mengirimkan sinyal listrik ke tempat penyimpanan airbag. Sinyal mencapai senyawa penyala yang dipanaskan untuk menghasilkan dekomposisi natrium azida yang ada di kompartemen. Selain itu, panas menyebabkan kantung udara terisi dengan nitrogen. Semua ini terjadi dalam durasi yang sangat kecil yaitu 0,03 detik, dan dalam 0,05 detik setelah tabrakan, kantung udara yang menggembung membentuk penyangga antara penghuni mobil dan kolom kemudi / dasbor.

Keunggulan Airbag

Meskipun telah ditunjukkan pada penurunan tingkat kematian karena adanya kantung udara, mari kita pelajari lebih dalam untuk memahami beberapa keuntungan lain yang ditimbulkannya:

• Kantung udara terbukti sangat efektif dalam melindungi penumpang dari cedera kepala, leher, atau tulang belakang yang signifikan dengan menawarkan bagian-bagian ini bantalan yang memadai.

• Kantung udara membatasi jarak yang ditempuh kepala penumpang ke depan, sehingga mengurangi risiko cedera pada kepala.

• Airbag berfungsi sebagai dinding pelindung antara penumpang dan kaca depan serta jendela mobil, sehingga melindungi penumpang agar tidak keluar dari mobil.

Batasan Airbag

• Meskipun dalam beberapa kasus, penyebaran kantung udara telah mengakibatkan penyalaan asap bensin / solar. Ini terjadi akibat ledakan elemen penyala. Hal ini dapat menyebabkan cedera dan luka bakar yang parah.

• Penyebaran airbag diketahui dapat mencapai kecepatan sangat tinggi hingga 200 mph, dan oleh karena itu, dapat mengakibatkan patah tulang atau cedera internal yang parah sebagai akibatnya. Ini terutama terjadi ketika tubuh pengemudi terlalu dekat dengan kolom kemudi.

• Agar kantung udara benar-benar efektif, kendaraan harus memiliki kantung udara depan dan samping.

Tips Mengenai Airbag

• Anda harus selalu membeli mobil yang menawarkan kantung udara depan dan samping.

• Anda harus selalu menggunakan sabuk pengaman, karena kantung udara terbukti lebih efektif saat dipasang pada penumpang yang berikat pinggang.

• Seandainya kantung udara mobil Anda keluar akibat tabrakan, Anda harus memastikan bahwa Anda memasangnya kembali hanya di pusat perawatan mobil resmi resmi.

Kami harap Anda sekarang memiliki pengetahuan yang cukup tentang peran airbag di mobil. Pastikan Anda menggunakan pengetahuan ini dengan baik. Sampai jumpa lagi, tetap aman dan nyaman saat berkendara !!

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *