Ada banyak bagian dalam siklus akuntansi. Mempersiapkan laporan keuangan merupakan bagian yang sangat penting dari siklus ini. Laporan keuangan digunakan untuk mengevaluasi kemajuan perusahaan, serta memperkirakan kinerja masa depan.

Ada empat laporan keuangan utama yang GAAP (prinsip akuntansi yang berlaku umum) mengharuskan perusahaan untuk mempublikasikan pada akhir periode akuntansi mereka. Akun-akun ini adalah laporan laba rugi, laporan laba ditahan, laporan arus kas, dan neraca. Tiga pernyataan yang paling banyak dicakup oleh kelas akuntansi pengantar adalah laporan laba rugi, laporan laba ditahan, dan neraca. Pernyataan dilakukan dalam urutan tertentu karena Anda perlu melakukan beberapa sebelum Anda dapat melakukan yang lain. Dengan menggunakan ketiga contoh ini, laporan laba rugi didahulukan, laporan laba ditahan kedua, dan neraca terakhir.

Laporan laba rugi digunakan untuk menghitung laba bersih atau rugi bersih perusahaan. Perusahaan dengan laba bersih telah menghasilkan uang selama periode akuntansi tersebut. Kerugian bersih adalah kebalikannya, di mana perusahaan telah kehilangan uang selama periode tersebut. Dalam kursus akuntansi dasar, Anda diajarkan untuk mengatur laporan laba rugi dengan membuat judul tiga baris. Judul ini terdiri dari nama perusahaan di baris pertama, ringkasan pendapatan di baris kedua, dan untuk periode yang berakhir, kemudian tanggal.

Pernyataan berikutnya adalah laporan laba ditahan. Pernyataan ini memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana laba ditahan telah berubah selama periode tersebut. Laba bersih atau rugi bersih juga ditampilkan dalam laporan ini sebagai kenaikan atau penurunan akun laba ditahan. Oleh karena itu, laporan laba rugi harus dilakukan sebelum laporan laba ditahan dapat dilakukan. Item lain yang muncul di laporan adalah akun dividen. Dividen adalah jumlah keuntungan yang diperoleh perusahaan yang dibayarkan kepada pemegang saham perusahaan. Pernyataan tersebut dimulai dengan saldo laba ditahan awal perusahaan pada awal periode. Berikutnya adalah penambahan laba bersih perusahaan, atau pengurangan rugi bersih perusahaan. Terakhir adalah pengurangan jumlah dividen yang dibayarkan perusahaan selama periode tersebut. Ini memberikan saldo akhir dari laba ditahan untuk periode tersebut.

Laporan keuangan terakhir adalah neraca yang menunjukkan semua total akun untuk akun permanen suatu perusahaan. Semua akun sementara harus ditutup dengan benar sebelum memulai neraca. Akun sementara adalah akun yang digunakan untuk periode tersebut kemudian disetel ulang ke saldo nol di akhir periode. Beban, pendapatan, dan dividen adalah akun sementara dalam bisnis. Akun permanen adalah akun seperti uang tunai, piutang, dan hutang dagang. Neraca total saldo akun ini dalam dua bagian. Pertama adalah semua akun aset yang terdiri dari akun seperti kas, piutang, asuransi prabayar, akun depresiasi akumulasi, persediaan di tangan, dll. Saldo akun ini dijumlahkan di bagian bawah lembar atau di baris total tergantung pada bagaimana saldo lembar sudah disiapkan. Akun kewajiban dan ekuitas dikelompokkan bersama. Akun-akun ini terdiri dari hutang dagang, wesel bayar, pendapatan diterima dimuka, persediaan modal, laba ditahan, itulah sebabnya laporan laba ditahan dibuat sebelum neraca, dan akun lain yang termasuk dalam kelompok ini. Akun kewajiban dijumlahkan bersama dengan akun ekuitas dan kemudian dijumlahkan. Setelah jumlah ini ditemukan, total aset dibandingkan dengan total kewajiban dan ekuitas. Total ini harus sama, jika tidak, maka ada masalah dengan total akun atau perhitungan yang telah dilakukan.

Ini hanyalah tiga laporan keuangan di luar sana di dunia bisnis, tetapi itu adalah yang tercakup dalam sebagian besar kursus akuntansi dasar di seluruh negeri. Ketiga laporan keuangan ini harus dilakukan agar dengan melakukan satu sama lain dapat dilakukan. Laporan laba rugi memberikan laba bersih / rugi bersih, yang digunakan untuk menghitung laporan laba ditahan, yang digunakan untuk menghitung total neraca.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *