Sebelum membahas konsol terbaru dari sony yakni PS5 dan XBOX dimana begitu Hype dibicarakan diseluruh dunia. Saat ini waktu yang tepat untuk membahas PS4 dan Xbox, dua konsol game paling populer di jamannya. Karena popularitas mereka, banyak orang tidak tahu konsol mana yang harus mereka pilih. Berikut ini perbandingan spesifikasi utama yang akan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat.

  • GPU
    GPU Xbox One dan PS4 secara teknologi sangat mirip; namun, GPU PS4 sedikit lebih besar. Menurut penciptanya, GPU Xbox mirip dengan Bonaire GPU yang dapat ditemukan di Radeon HD 7790. Sedangkan GPU PS4 mirip dengan yang ditemukan di HD 7870.
    Pembuat GPU PS4 mengatakan bahwa GPU tersebut hampir 50% lebih bertenaga daripada Xbox satu. Ini berarti bahwa game akan memiliki banyak kekuatan grafis yang tersedia. Meskipun demikian, Xbox One memiliki kecepatan buka kunci GPU yang sedikit lebih tinggi.
    Selain perbedaan tersebut, kedua GPU tersebut identik karena sama-sama berbasis arsitektur Graphics Core Next (GCN) sehingga memiliki kemampuan untuk mendukung OpenGL 4.3, Direct3D 11.2, dan OpenCL 1.2.
  • RAM
    Kedua konsol tersebut memiliki RAM 8GB. PS4 memiliki RAM 5500MHz sedangkan Xbox menggunakan RAM DDR3 2133MHz. Penggunaan jenis RAM ini oleh PS4 memberi konsol keuntungan bandwidth. Misalnya, CPU dan GPU PS4 akan memiliki bandwidth 176 GB / detik ke RAM sistem, sedangkan Xbox hanya memiliki 68,3 GB / detik.
  • CPU
    Sama seperti GPU, kedua konsol memiliki CPU yang serupa. Meskipun, CPU hampir identik, mereka memiliki sejumlah perbedaan. Misalnya, CPU PS4 memiliki clock 1.6GHz sementara Xbox memiliki clock 1.75GHz. Karena Xbox one memiliki ruang yang lebih besar, diharapkan akan lebih cepat.
  • Menyiapkan konsol / Tempat
    Sangat mudah untuk mengatur PS4 karena Anda tidak perlu bersusah payah memasang bata catu daya; yang perlu Anda lakukan hanyalah mencolokkan kabel daya dari PS4 ke dinding dan menyambungkan HDMI ke TV Anda. Sisi baiknya adalah PS4 mudah dikenali oleh banyak TV; oleh karena itu, Anda tidak perlu mengutak-atik pengaturan.
    Ini juga mudah untuk mengatur Xbox satu; Namun, Anda harus berurusan dengan power brick yang perlu ditempatkan di area yang berventilasi baik untuk melindunginya dari panas berlebih. Power brick juga memberikan tampilan yang jelek pada konsol Xbox.

Kesimpulan

Inilah perbedaan utama antara PS4 dan Xbox one. Konsol mana yang terbaik menurut Anda?

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *