Honda adalah pabrikan mobil Jepang yang muncul setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua. Honda memasuki pasar India sekitar 15 tahun yang lalu dan dari itu pasti membuat tanda mewah pada pembeli India. Model mereka, Honda City Zx, sukses besar dan mengungguli mobil lain dari genre yang sama. Datang tahun 2009 dan Honda telah meluncurkan model Vtec untuk menggantikan City ZX. Mobil ini memiliki platform yang mirip dengan mobil sebelumnya, tetapi ada perubahan pada dinamika dan performa mesinnya. Mesin mobil lebih halus dan menghasilkan 100hp yang sedikit lebih rendah dari model sebelumnya, tetapi ini sama sekali tidak mengurangi performa keseluruhannya.

Model dari segi penampilan berbeda dengan bentuk lumba-lumba sebelumnya. Namun perubahan hanya pada grill depan dan kap mesin, tetapi ini membedakan kendaraan dari model sebelumnya. Honda tidak mengubah kapasitas mesinnya yang tetap di 1497 cc. Namun memiliki konfigurasi SOHC (single overhead camshaft). Ini memiliki keuntungan karena Honda baru menghasilkan 100bhp pada 5800rpm. Dengan torsi maksimum 13.5kgm pada 4800rpm membuat penggerak yang masuk akal.

Airbag dan EBD adalah standar. Mobil ini juga memiliki Electronic Power Steering yang membuat mobil ini mudah dikendalikan di jalan raya. Selain itu, ia memiliki Leather Gear Knob, pegangan rem parkir, dan pemutar CD generasi baru. VTEC menggunakan velg alloy 15 inchi. Tapi ban yang pas mungkin perlu lebih lebar terutama jika Anda mengemudi di tanjakan dan tikungan.

Rasio persneling mobilnya bagus dan mesinnya memberi kesan bertenaga ditambah dengan irit. Efisiensi mesin mobil dapat diukur dari kenyataan bahwa mobil dapat mencapai kecepatan 100 km per jam hanya pada persneling kedua. Hal ini dapat memberi pengemudi perasaan kekuatan optimal dan menghasilkan berkendara yang sangat baik di jalan. Dengan keempat rem cakram sebagai pemasangan standar, mobil ini juga memiliki cengkeraman yang baik.

Mobil itu lebih mahal daripada model sebelumnya, tetapi nama Honda membawanya dan pembeli merasa membeli mobil yang bernilai. Namun pada tahun 2021, Honda menghadapi persaingan ketat dengan banyaknya mobil yang diluncurkan yang telah mengambil keunggulan dari Honda VTEC. Menarik untuk melihat bagaimana Honda menghadapi tantangan baru.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.