Ketika hendak menabung, tips memilih rekening tabungan adalah hal penting yang harus dilakukan. Karena dengan memilih rekening tabungan yang tepat, tentunya Anda pun dapat menyimpan uang dengan lebih aman. Namun sebelum berbicara lebih jauh mengenai tips tersebut, ada baiknya jika Anda mengenal rekening tabungan itu sendiri.

Mengenal rekening tabungan dan jenisnya

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, rekening tabungan tentunya digunakan untuk menyimpan tabungan. Dalam hal ini, rekening tabungan adalah media atau sarana untuk menyimpan uang, umumnya uang itu berasal dari pendapatan yang tidak digunakan. Sebagai tempat yang digunakan untuk menyimpan uang, tabungan hadir dengan jenis yang beragam, diantaranya :

  • Tabungan konvensional
    Jenis tabungan yang satu ini hadir dengan jumlah pengguna yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan banyaknya masyarakat yang telah mengenal jenis tabungan tersebut. Selain hadir dengan fasilitas yang memudahkan untuk menabung, tabungan ini juga dapat Anda Ambil dengan kapanpun Anda membutuhkannya.
  • Tabungan berjangka
    Untuk jenis tabungan ini, ia dikenal dengan aturan yang mengikat nasabah dan dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, Anda tidak dapat mengambil uang sewaktu-waktu. Pasalnya ada jangka waktu khusus yang telah disepakati antara pihak bank dengan nasabah.
  • Tabungan investasi
    Tabungan investasi adalah jenis tabungan yang ditujukan untuk kegiatan investasi. Pihak bank juga menyediakan beragam produk investasi yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Contoh dari jenis tabungan ini adalah deposito serta saham.
  • Tabungan bisnis
    Jenis tabungan ini tentunya digunakan untuk kebutuhan bisnis, baik itu bisnis perusahaan atau bahkan pribadi. Ada jumlah setoran minimal yang harus dilakukan, selain itu ia juga memiliki suku bunga yang lebih tinggi pula. Jenis tabungan ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi seperti transfer dan lainnya.
  • Tabungan valuta asing
    Sesuai dengan nama yang dimilikinya, jenis tabungan yang satu ini memang ditujukan bagi mereka yang membutuhkan valuta asing. Dengan rekening tabungan ini, pengguna dapat mentransfer atau bahkan menarik dana dengan mata uang asing.

Selain beberapa jenis tabungan di bagian atas tadi. Tentunya masih ada banyak jenis tabungan lainnya yang dapat Anda pilih dalam tips memilih rekening tabungan dengan tepat. Seperti halnya tabungan giro, haji, tabungan anak, mahasiswa hingga tabungan khusus pegawai.

Tips memilih rekening tabungan dengan tepat

Setelah mengetahui beberapa jenis tabungan di bagian atas tadi. Barulah Anda bisa menggunakan tips memilih rekening bank dengan baik dan benar. Seperti halnya beberapa tips di bagian bawah ini :

  1. Sesuaikan jenis rekening dengan apa yang dibutuhkan
    Pada bagian di atas telah disebutkan beberapa jenis tabungan yang dapat Anda gunakan. Dalam hal ini, pastikan Anda memilih jenis tabungan yang paling tepat yaitu sesuai dengan tujuan penggunaan tabungan. Misalkan jika Anda membuat tabungan untuk kebutuhan anak di masa depan, maka pastikan untuk memilih tabungan anak.
  2. Perhatikan jumlah setoran awal dan saldo minimal
    Setiap pembuatan rekening hadir dengan ketentuan berbeda, termasuk untuk jumlah setoran awal sarta saldo minimal yang wajib dimilikinya. Karena itulah, sebelum membuka rekening, pastikan hal tersebut terlebih dahulu. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam menjaga rekening tabungan dengan lebih baik.
  3. Cari tahu biaya administrasi bulanan yang dibutuhkan
    Meskipun dikenal sebagai jenis rekening tabungan, namun beberapa di antaranya tetap hadir dengan biaya administrasi bulanan. Itu sebabnya, pastikan Anda mengetahui jumlah biaya administrasi bulanan yang dibutuhkan agar tabungan Anda tetap dapat digunakan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat melihatnya melalui tips memilih rekening tabungan ini.

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.