Para penggemar SUV mulai mencari dan membandingkan harga Toyota Raize dengan Daihatsu Rocky. Keduanya bukan hanya sudah lama dinantikan di Indonesia, melainkan juga dapat relaksasi PPnBM dari pemerintah. Dengan kata lain, Anda akan mendapatkan harga lebih terjangkau, sehingga kendaraan bisa segera digunakan selama masa pandemi.

Meski Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sudah menerima kebijakan potongan harga, bukan berarti Anda meremehkan spesifikasinya. Berikut ulasan singkat kedua SUV compact tersebut yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Toyota Raize vs Daihatsu Rocky, apa yang beda?

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi perbedaan harga Daihatsu Rocky dengan Toyota Raize. Keduanya memang sama-sama dilabeli SUV, tetapi ada sentuhan crossover yang tak bisa diabaikan. Daihatsu Rocky, misalnya, mempunyai konsep crossover tangguh. Hal tersebut bisa Anda lihat dari grilnya yang berbentuk horizontal dan menyerupai segi enam. Pemakaian platform DNGA untuk menyokong desain terbaru Daihatsu Rocky.

Bagaimana dengan Toyota Raize? Anda akan melihat konsep crossover yang lebih ‘galak’. Desain berbentuk wajik pada grilnya cukup besar dengan lubang-lubang yang berfungsi untuk mengalirkan udara yang akan mendinginkan mesin. Kemudian, SUV ini mengusung desain bilah pisau bermotif two tone yang membuatnya terlihat lebih dinamis. Diameter peleknya sendiri sama dengan Rocky, hanya saja dibedakan dari segi desainnya.

Bagian mobil lainnya yang sebaiknya Anda perhatikan saat membandingkan harga Toyota Raize dengan Daihatsu Rocky adalah buritan (bagian belakang). Kedua SUV keluaran perusahaan Jepang ini memiliki tampilan yang serupa, sehingga Anda tak akan menangkap perbedaan signifikan. Jika tak ada logo atau emblem, Anda mungkin akan menyangka keduanya datang dari pabrik yang sama.

Membandingkan harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Di negeri asalnya, Jepang, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dibanderol sesuai masing-masing varian. Toyota Raize diproduksi menjadi empat varian, antara lain X, X’S’, G, serta Z. Begitu pula Daihatsu Rocky mempunyai empat varian, antara lain L, X, G, serta Premium. Kemudian, perbedaan harga akan dikategorikan juga berdasarkan penggeraknya, yakni 2WD (two wheel drive) dan 4WD (four wheel drive).

Jika Anda membutuhkan gambaran harga Daihatsu Rocky dengan Toyota Raize, simak tabelnya di bawah ini (harga disitat dari website Daihatsu dan Toyota Jepang):

  • Varian Toyota Raize (2WD) Varian Daihatsu Rocky (2WD)
    Toyota Raize Varian X Rp224 jutaan / Daihatsu Rocky Varian L Rp227 jutaan
    Toyota Raize Varian X’S’ Rp233 jutaan / Daihatsu Rocky Varian X Rp247 jutaan
    Toyota Raize Varian G Rp253 jutaan / Daihatsu Rocky Varian G Rp267 jutaan
    Toyota Raize Varian Z Rp276 jutaan / Daihatsu Rocky Varian Premium Rp286 jutaan
  • Varian Toyota Raize (4WD) Varian Daihatsu Rocky (4WD)
    Toyota Raize Varian X Rp224 jutaan / Daihatsu Rocky Varian L Rp260 jutaan
    Toyota Raize Varian X’S’ Rp265 jutaan / Daihatsu Rocky Varian X Rp279 jutaan
    Toyota Raize Varian G Rp285 jutaan / Daihatsu Rocky Varian G Rp297 jutaan
    Toyota Raize Varian Z Rp305 jutaan / Daihatsu Rocky Varian Premium Rp315 jutaan

Pilih mana, Toyota Raize atau Daihatsu Rocky?

Setelah mendapatkan gambaran harga Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di atas, Anda pasti bakal mudah menyesuaikannya dengan bujet. Namun, Anda juga mungkin bertanya-tanya mengapa Rocky lebih mahal ketimbang Raize walau selisihnya tak begitu jauh?

Salah satu penyebabnya adalah kelengkapan fitur yang disematkan pada Daihatsu Rocky. Baik di Jepang maupun Indonesia, fitur-fiturnya memang lebih banyak dibandingkan Raize. Selebihnya, dua SUV tersebut mempunyai fungsi yang hampir sama. Jadi, kembali pada Anda yang nanti menentukan mobil mana yang akan dibawa pulang, Toyota Raize atau Daihatsu Rocky.

Mudah-mudahan informasi seputar harga Daihatsu Rocky dan Toyota Raize ini bermanfaat untuk Anda!

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.