Bagian yang jelas dari merek seperti kemasan produk dan logo perusahaan mudah dibuat, tetapi bagian lain seperti suara dan nada merek bisa sulit untuk benar dan ditentukan.

Apa itu merek? Ini adalah sentimen yang diasosiasikan orang dengan bisnis Anda. Ini termasuk perasaan dan pikiran ketika mereka melihat logo, mendengar nama, atau menggunakan produk.

Mendefinisikan kepribadian sebuah bisnis adalah bagian utama dari branding. Merek yang baik membangun kepercayaan, keakraban, dan membuat perusahaan mudah diingat oleh konsumen.

Mendefinisikan dan mengendalikan suara merek sangat penting dalam meningkatkan kesadaran dan kredibilitas merek. Sebagai pemasar, Anda tidak ingin merusak persepsi tentang kepribadian bisnis. Jika suara merek tidak konsisten, komunikasi tidak efektif. Sebuah merek tanpa kepribadian akan berjuang untuk mendapatkan penggemar setia.

Langkah-Langkah Mendefinisikan Suara Merek untuk Meningkatkan Kesadaran dan Kredibilitas

1. Kenali merek Anda

Berjuang untuk menentukan suara merek Anda? Pertama, kenali merek Anda. Mulailah dengan mengumpulkan pemahaman Anda tentang perusahaan, tujuan, produk, dan layanannya bersama dengan pasar, klien, dan pesaing.

Tempat terbaik untuk memulai adalah dengan panduan gaya merek yang memiliki pernyataan misi dan nilai jual unik yang jelas. Ini akan membantu Anda menetapkan tujuan bisnis dan penawaran uniknya kepada konsumen.

2. Mengatur gaya

Gaya sangat penting dalam memastikan konsistensi. Kami menjunjung tinggi standar kualitas dan keseragaman di seluruh situs web, produk, pemasaran, penjualan, dan editorial. Setiap kali pelanggan membaca pesan dari merek, copywriter di belakangnya tidak terlihat.

Jadi suara merek tetap menjadi kepribadian bisnis yang akrab. Dengan memiliki panduan gaya, Anda dapat menentukan dan mengontrol suara merek Anda. Cetak dan berikan salinannya kepada semua pemangku kepentingan yang relevan untuk diperhatikan. Bagaimanapun Anda menyimpan panduan Anda, pastikan panduan itu dapat diakses oleh pemangku kepentingan yang relevan – mulai dari penulis, profesional agensi, dan tenaga penjualan.

3. Identifikasi konteksnya

Agar branding menjadi berharga, perlu mengatur suara yang tepat di setiap “titik sentuh” ​​pelanggan. Seorang konsumen dapat menemukan perusahaan dan mereknya di berbagai tempat, seperti situs web, media sosial, aplikasi, dan perangkat lunak, email, iklan, messenger, dan media.

Sangat penting untuk menyesuaikan pesan dengan konteks audiens dengan menggunakan suara dan nada yang tepat. Misalnya, email promosi menggunakan nada yang berbeda dari iklan bergambar online. Demikian juga, posting media sosial di Facebook dapat berbeda dari posting di LinkedIn.

Selalu berikan nada yang tepat pada waktu yang tepat. Pertimbangkan bagaimana pesan dapat berubah sesuai dengan emosi pembaca, dan gunakan suara yang tepat.

Branding penting bagi pemilik usaha kecil maupun besar. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, branding cerdas mungkin merupakan alat bisnis paling murah yang dapat Anda buat. Sem0ga bermanfaat !!

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.