Ini bisa sangat merepotkan sebagai bisnis musiman. Tidak peduli seberapa baik Anda merencanakan tahun ini, Anda sepertinya selalu berjuang beberapa saat setelah musim yang menguntungkan berakhir. Arus kas entah bagaimana selalu menjadi masalah, tetapi bukan tidak mungkin untuk dikelola. Tentu, itu akan membutuhkan usaha dan organisasi di pihak Anda, tetapi itu bukan hal yang tidak dapat ditangani oleh pemilik bisnis yang berdedikasi.

Ada sejumlah bisnis musiman, mulai dari pertanian hingga pariwisata dan hingga perencanaan acara. Meskipun sifat perdagangan ini berbeda, pengelolaan arus kas akan serupa karena karakteristik musimannya. Inilah yang harus Anda lakukan.

  • Ketahui Musim Anda

Anda mungkin mengira ini adalah pengetahuan dasar bagi setiap pemilik bisnis musiman. Namun, dalam sebagian besar kasus, pemilik bisnis terlalu melebih-lebihkan musim puncak mereka. Selain itu, mereka meremehkan biaya operasi selama musim sepi. Saat Anda mengetahui waktu yang tepat untuk musim Anda, Anda dapat memperoleh kesimpulan akurat yang membedakan fakta dari fiksi.

Jika Anda menjalankan bisnis baru, Anda harus mulai membuat catatan terperinci dari tahun pertama. Lakukan penelitian berdasarkan perusahaan musiman lainnya tetapi jika Anda sudah mapan, inilah saatnya mengeluarkan catatan. Setelah Anda mengetahui periode pendapatan dan pengeluaran maksimum bisnis Anda dan sebaliknya, Anda dapat merencanakan strategi peramalan.

  • Perkirakan Bisnis Anda

Dengan memperkirakan arus kas Anda sepanjang tahun, Anda dapat mengevaluasi berapa banyak dana yang Anda miliki, sebagai respons terhadap biayanya. Anda harus menganalisis catatan Anda untuk membentuk rencana yang berkaitan dengan pengeluaran dan penjualan, dan berapa banyak arus kas yang dapat Anda pertahankan setelah musim puncak.

Anda harus membentuk analisis perkiraan penjualan dan pengeluaran berdasarkan faktor-faktor yang mendorongnya. Ini termasuk lini produk, saluran, dan unit. Kemudian, Anda harus memeriksa apakah evaluasi Anda cocok dengan catatan akuntansi.

Saat Anda meramalkan arus kas untuk bisnis Anda, pastikan bahwa ia mengelola referensi apa pun untuk penjualan secara kredit, manajemen inventaris, penambahan aset, dan pembayaran kembali utang, yang sensitif terhadap arus kas. Ketika Anda melacak semua hal ini bersama-sama, Anda tidak perlu memikirkan mengapa biaya yang tidak diketahui terus bermunculan meskipun ada upaya.

  • Pertahankan Prakiraan dengan Konsentrasi dan Uang

Membuat catatan prakiraan sekali saja tidaklah cukup dan tidak akan pernah cukup. Pasar dan ekonomi dapat bergeser dalam satu detik, jadi Anda tidak boleh gagal untuk membuat perubahan ditinjau dan direvisi. Teori perkembangan ini memastikan bahwa Anda mengetahui apa yang terjadi, sehingga Anda dapat mengadopsi strategi baru lain kali.

  • Ketahui Biaya yang Diharapkan

Dalam sebuah bisnis, selalu ada beberapa pengeluaran berulang yang tetap konstan dari waktu ke waktu. Anda harus memperhitungkan hal ini sehingga Anda dapat memperkirakan pengeluaran secara akurat selama musim sepi. Biaya-biaya ini termasuk harga utilitas dan sewa tetapi beberapa tidak terlintas dalam pikiran. Untuk mengetahuinya, Anda harus membobol buku akun.

Pada akhirnya, Anda akan mendapatkan angka yang diharapkan tentang berapa banyak yang harus Anda bayarkan dalam pajak triwulanan dan premi asuransi bisnis. Anda harus menambahkan ini ke ramalan Anda karena merencanakannya akan membantu selama musim dengan bisnis sepi.

  • Perubahan Alamat

Terkadang, cukup mengetahui kapan bisnis Anda menjadi rentan. Bahkan jika Anda tidak dapat mengelola sendiri, Anda masih dapat meminta bantuan. Daripada mengkhawatirkan teror apa yang dapat terjadi di luar musim pada bisnis Anda, pikirkan tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi hal yang tak terhindarkan dengan tenang. Tentunya, Anda akan kehabisan modal tidak peduli seberapa baik Anda mengelola arus kas, jadi apa yang harus dilakukan? Anda mengambil pinjaman.

Anggap saja seperti ini, mengambil pinjaman darurat hanya beberapa hari sebelum membuat daftar gaji karyawan Anda akan sangat berbeda dari mengajukan pinjaman jembatan beberapa bulan sebelum musim liburan dimulai. Sebagai permulaan, Anda akan mendapatkan suku bunga yang bagus, dan Anda akan mengembangkan hubungan yang baik dengan bank.

Kesalahpahaman adalah bahwa bisnis musiman yang dikelola dengan baik seharusnya tidak memerlukan pinjaman untuk menghasilkan arus kas selama musim sepi, tetapi ini tidak benar. Jauh lebih dapat dicapai untuk bisnis musiman untuk mengantisipasi biaya tambahan sebelumnya dan mengambil pinjaman khusus yang dianggap sesuai. Investor dan bankir akan menunjukkan respons positif terhadap perencanaan dan antisipasi yang baik sehingga Anda tidak boleh lupa memberi tahu mereka tentang musim bisnis Anda.

  • Merestrukturisasi Beberapa Beban

Sebagai bisnis musiman, Anda harus berusaha keras di sana-sini untuk memastikan bahwa Anda melewati sisa tahun sampai Anda kembali ke musim puncak. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menyusun pengeluaran tertentu dengan cara yang sesuai dengan pendapatan yang Anda miliki di musim saat ini.

Misalnya, jika Anda membuat produk buatan tangan dan berurusan dengan vendor untuk bahan, Anda dapat membuat perjanjian dengan mereka sehingga mereka menuntut pembayaran yang lebih besar di musim ramai sementara pembayaran di luar musim lebih kecil.

  • Kosongkan Rak Anda

Dalam dunia konsumen saat ini, cukup banyak orang yang tidak berbelanja selama musim tersebut. Ini bisa jadi karena sejumlah alasan; mereka mencoba untuk menghindari keramaian atau mereka tidak ingin membayar harga yang lebih tinggi. Mereka menunggu penjualan di luar musim untuk persediaan, dan sebagai pemilik bisnis yang baik, Anda harus menyediakannya.

Kosongkan semua inventaris yang tersisa dari musim ramai dengan menjual produk dengan diskon yang adil. Ini akan membantu Anda menghasilkan pendapatan tambahan, serta kumpulan pelanggan di luar musim. Belum lagi, Anda juga akan mengurangi biaya penyimpanan barang.

  • Tingkatkan Bidang Keahlian Anda

Ini adalah nasihat terakhir yang bisa didapat bisnis musiman dan lebih berkaitan dengan menjadi bisnis multi-musiman. Para ahli menyarankan agar bisnis musiman memperluas lini pekerjaan mereka dengan menawarkan layanan yang berbeda selama musim sepi.

Misalnya, perusahaan atap mengambil pekerjaan seperti pembersihan salju selama musim dingin. Bisnis Anda dapat melakukan hal serupa dan meningkatkan arus kas sepanjang sisa tahun ini.

Kesimpulan

Ini adalah beberapa solusi yang dapat diadopsi oleh bisnis musiman untuk meningkatkan arus kas mereka selama musim sepi tahun ini. Sekarang, tidak ada alasan untuk melakukan semuanya secara bersamaan. Bagaimanapun, konsistensi adalah kuncinya. Dengan bekerja perlahan menuju periode luar musim yang sukses, bisnis musiman dapat meningkatkan strategi dan meningkatkan praktik musim puncak. Semoga membantu !!!

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published.