Berapa banyak Vitamin C yang sebenarnya kita butuhkan?

RDA untuk vitamin C ditetapkan pada 90 mg sehari untuk pria dan 75 mg setiap hari untuk wanita. Selain mendukung fungsi kekebalan, vitamin ini meningkatkan kesehatan jantung, merupakan bahan pembangun kolagen yang dibutuhkan untuk kulit, pencernaan dan kesehatan sendi, dan telah terbukti membunuh sel kanker tertentu di antara fungsi lainnya.

Selain itu, selain mendapatkan vitamin C dari sumber makanan, Anda dapat meminumnya dalam bentuk suplemen atau diberikan secara intravena. Bagaimana Anda mendapatkannya menentukan berapa banyak yang Anda butuhkan. Ketika diambil secara oral, yang biasanya cara kebanyakan dari kita mendapatkannya, penyerapan usus di antara faktor-faktor lain menentukan seberapa banyak sebenarnya terkonsentrasi dalam darah Anda. Penting juga untuk dicatat bahwa stres menghabiskan vitamin C dan siapa yang tidak sedang stres akhir-akhir ini? Diambil secara intravena melewati pencernaan dan penyerapan lebih efektif.

Menurut ilmuwan penelitian kardiovaskular dan doktor farmasi, James DiNicolantounio, dosis optimal dapat mencapai 1.250 mg dua kali sehari dan meskipun 2,5 gram setiap hari tidak selalu menghasilkan saturasi penuh, namun tetap memiliki manfaat.

Perlu diingat bahwa vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air sehingga tidak disimpan di dalam sel lemak Anda. Inilah mengapa harus diminum setiap hari. Juga sebagian dari apa yang Anda ambil akan dikeluarkan. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketersediaan hayati efektif dan lengkap untuk 200 mg tunggal. dosis. Pada mereka yang diuji, tidak ada vitamin C yang diekskresikan di bawah 100 mg. dosis. Jadi kesimpulannya adalah dosis efektif minimum harus 200 mg setiap hari. Dosis optimal kemungkinan besar akan jauh lebih tinggi.

Misalnya: Anda perlu mengonsumsi 1.250 mg. vitamin C dua kali sehari untuk mencapai 80 μm (μm mewakili konsentrasi dalam darah); dan 5 gram (5.000 mg) sehari untuk mencapai 250 μm. Jadi, mengonsumsi 2,5 gram setiap hari tidak selalu menghasilkan kadar vitamin C dalam darah yang jenuh. Juga penting untuk dicatat bahwa lebih efektif meminumnya dalam dosis terbagi sepanjang hari daripada satu dosis besar untuk mendapatkan hasil terbaik.

Bertahun-tahun yang lalu saya melakukan pengujian bio-impedansi yang menunjukkan bahwa tubuh saya membutuhkan lebih banyak vitamin C daripada yang saya konsumsi saat ini. Dan saya pikir saya mengambil banyak! Meningkatkan asupan saya dalam dosis terbagi menjadi 4.000 mg. Setiap hari telah membantu saya mengendalikan beberapa masalah gusi yang serius. Ketika saya melawan flu atau terpapar seseorang, saya biasanya meningkatkannya menjadi 1.000 mg. per jam sepanjang hari selama satu atau dua hari.

Banyak dokter gizi merekomendasikan konsumsi vitamin C sepanjang hari sampai Anda mencapai toleransi usus, yaitu sampai Anda mulai mengalami diare, dan kemudian mundur sedikit ke jumlah yang efektif untuk Anda.

Saran saya adalah perhatikan tubuh Anda dan gunakan vitamin C setiap hari. Itu tidak disimpan sehingga Anda tidak akan overdosis seperti yang Anda bisa dengan vitamin yang larut dalam lemak. Terutama selama musim dingin dan flu, penting untuk mendapatkan asupan yang cukup setiap hari. Apalagi di musim pandemi seperti ini, vitamin c jadi hal yang sangat di rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *