Fotografi jenis ini mungkin terkadang sulit, tetapi jika Anda mengikuti tip tertentu, ini tidak hanya akan membuat tugas Anda lebih mudah tetapi juga akan membantu Anda meningkatkan dan menyempurnakan fotografi lanskap Anda.

– Jaga cakrawala tetap horizontal
Tidak masalah di mana atau apa yang Anda potret, cukup pastikan bahwa cakrawala sejajar. Tentunya jika anda berada di daerah pegunungan atau perbukitan, maka skyline nya tidak akan horizontal, namun anda akan lebih tahu apakah gambar tersebut benar atau tidak. Untuk foto digital, Anda dapat memperbaiki kesalahan pada perangkat lunak, meskipun dengan melakukan ini Anda akan kehilangan definisi dan juga tepi akan terpotong

– Paparan berlebih di salju
Ini mungkin aneh, karena salju memantulkan banyak cahaya dan kamera tertipu dengan pemikiran bahwa salju sangat cerah sehingga mengurangi eksposur yang sesuai. Oleh karena itu, salju muncul saat abu-abu dan detail lainnya tetap gelap. Namun ada beberapa kamera yang memiliki pengaturan otomatis yang secara otomatis mengekspos secara berlebihan.

– Bergerak untuk mendapatkan bidikan terbaik
Jika Anda mengambil foto sesuatu yang ada di sana untuk waktu tertentu misalnya: pelangi, matahari terbenam, maka Anda harus bergerak untuk mendapatkan bidikan terbaik. Hanya bergerak beberapa langkah juga dapat membuat banyak perbedaan. Dan jika Anda menggunakan kamera digital, klik banyak foto dari semua kemungkinan arah dan juga dengan pengaturan yang berbeda, selama Anda memiliki memori di kamera, tidak ada biaya tambahan, nanti Anda dapat menghapus foto yang tidak diinginkan.

– Subyek
Sebagian besar orang mengambil foto keluarga di latar belakang bangunan penting. Tapi anggap saja Anda bisa mengklik foto keluarga di mana saja dan kapan saja. Tetapi Anda tidak akan mendapat kesempatan untuk mengklik tengara tertentu itu. Jangan mengorbankan kejelasan dan fokus landmark.

– Teknik alami
Teknik umum yang digunakan oleh fotografer dan seniman lanskap adalah penggunaan garis alami. Ini bisa berupa sungai, jalan, barisan pohon atau pagar.

– Jam / Waktu yang tepat
Anda pasti pernah mendengar jam emas dalam fotografi. Ini sebenarnya terkait dengan satu jam sebelum matahari terbenam dan setelah matahari terbit. Banyak fotografer percaya bahwa ini adalah waktu terbaik untuk mengklik foto. Saat ini Anda bisa mendapatkan beberapa efek kabut dan awan pada foto Anda.

Avatar

By Desta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *